Berita utama

Cegah Banjir, Kadis LH Rohil Kembali Kerahkan 30 Orang Satgas Banjir melakukan Penggalian Parit Secara Manual

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Tidak mengenal lelah meskipun cuaca kadang kondisinya tidak bersahabat dengan alam, namun Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir Suwandi S,Sos kembali lagi kerahkan 30 orang Satuan Tugas Penanggulangan banjir (Satgas) membersihkan parit parit drainase sepanjang Simpang Jalan Siak menuju ke Sungai Pabrik secara manual, Selasa 07 September 2021.

Pembersihan parit parit di drainase itu juga dipimpin langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir, sebagaimana mereka membersihkan menggunakan cangkul membuang sampah untuk dinaikan keatas agar parit parit itu tidak Tumpat lagi.

Sebelum dicangkul terlebih dahulu mereka membuat lobang lobang di sepanjang drainase jalan pahlawan itu agar Satgas Penanggulangan banjir bisa masuk kedalam parit parit melakukan pembersihan dengan cara mencangkul serta juga tangan.

Setelah mereka nanti selesai melakukan pembersihan parit parit drainase itu lobang lobang yang dibuat mereka ditutup kembali sebagaimana mestinya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir, Suwandi S,Sos mengatakan pihaknya terus melakukan pembersihan parit parit dari sepanjang jalan pahlawan dan Simpang Jalan  Siak menuju ke Sungai Pabrik dan airnya turun kelaut.

“Tim Satgas sebanyak 30 orang kita kerahkan melakukan penggalian parit parit ini secara manual agar air tidak lagi naik dipermukiman rumah warga disaat musim hujan,”Katanya Dilokasi Pada Wartawan.

Lebih lanjut dijelaskannya alhamdulillah saat ini airnya sudah turun tembus dari Sungai garam dan sungai jalan bulan mengarah kelaut.

“Harapan kami mudah mudahan apa bila musim hujan rumah warga tidak tergenang air lagi karna selama ini jalan pahlawan kalau musim hujan sedikit banjirnya naik, baik halaman maupun rumah warga,”Imbuhnya.

Suwandi juga berharap pada masyarakat sepanjang jalan pahlawan ikut serta membersihkan dranase yang ada agar tidak membuang sampah dengan sembarangan.

“Alhamdulillah yang kita gali ini airnya sudah lancar berjalan kesungai Pabrik dan Sungai Jalan Bulan tembusnya kelaut. Kita minta juga masyarakat saling menjaga kebersihan demi mencegahnya terjadi banjir Dipermukiman rumah warga,”Tegasnya.(Said)***