Berita utamaKesehatanNasionalPemerintahanRiau

Vaksinasi Ke 3 Nakes Riau Baru Tuntas 6.000 Orang

PEKANBARU, Riauandalas.com – Pelaksanaan vaksinasi dosis ke 3 untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) di Provinsi Riau baru baru mencapai 6004 orang atau berkisar sekitar 18,2 Persen.

Informasi twrsebut disampaikan Kepala dinas kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin (23/8/). Dikatakanya, jika vaksinasi jenis booster tersebut masih berjalan dan terus digesa dengan harapan segera merata dalam waktu cepat.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa merata agar keamanan Nakes dalam melayani semakin meningkat,” kata Mimi.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Provinsi Riau, jumlah Nakes di Riau yang akan diberikan vaksin booster ini mencapai sebanyak 32.923 orang. Dimana para Nakes ini merupakan tenaga kesehatan yang bertugas di sejumlah rumah sakit di berbagai daerah di Riau.

“Booster vaksin yang diberikan kepada nakes di Riau menggunakan vaksin Moderna. Vaksin booster moderna bagi nakes dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada nakes,” jelasnya.

Dan vaksin ini tambahnya, juga menimbang tugas Nakes sebagai garda terdepan dan langsung bersentuhan dengan pasien Covid-19. Sehingga resiko terpapar virus korona lebih besar jika dibandingkan dengan kelompok prioritas lainnya.

“Harapan kita dengan diberikannya vaksin ketiga ini bisa menambah kekebalan tubuh bagi nakes kita. Sehingga mereka bisa lebih aman saat bertugas dan terhindar dari penularan virus Covid-19,” katanya.

Ia juga menjelaskan, untuk vaksinasi ini seluruh Nakes di Riau sudah divaksin dosis pertama dan kedua. Dan sejauh ini capaian vaksinasi Nakes untuk dosis I dan II sudah melebihi target.

“Untuk vaksinasi dosis pertama sebanyak 36.479 orang atau 110,8 persen. Kemudian untuk vaksinasi dosis kedua sebesar 34.047 orang atau sekitar 103,4 persen,” tutur Mimi.

Sedangan terkait vaksinasi untuk masyarakat, ia memgatakan saat ini terus berjalan dan sudah mulai sedikit lancar kembali. Hal itu juga sesuai pendistribusian vaksin sudah mulai lancar masuk ke Riau.

“Untuk vaksin saat ini kita juga sangat terbantu oleh Forkopinda Riau. Dimana Forkopinda juga terus menggesa vaksinasi siap hari. Seperti Polda Riau di Vaksin Center Polda Riau, Rumah Sakit Tentara (RST) dan juga Puskesmas di berbagai kabupaten kota yang sudah bisa didapatkan masyarakat,” tuturnya.

Diharapkan dengan, dengan mulai lancarnya pendistribusian vaksinasi ini. Pelaksanaan vaksin di Riau segera capai target sesuai yang ditetapkan sebelum nya.

“Sehingga kekebalan massal untuk mengantisipasi penularan COVID-19 terwujud dengan maksimal,” tutupnya.(dre)