Berita utama

Pangdam 1/BB Mayjen TNI Hasanuddin SIP MM Kunker Ke Rohil

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Panglima komando Daerah Militer (Pangdam) I Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P, M.M kunjungan Kerja (Kunker) Ke Rokan Hilir, Provinsi Riau Kamis 03 Juni 2021.

Kedatangan Pangdam Bukit Barisan yang didampingi juga Danrem 031/wirabima Brigadir Jenderal TNI M. Syech Ismed serta rombongan lainnya Disambut Hangat oleh Bupati Rokan Hilir H Suyatno, Wakil Bupati Wabup Drs H.Jamiludin, Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Agung rachman wahyudi. Sip.Mi.Pol, Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto SH SIk Dan Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH.

Selanjutnya Forkopimda, Kajari Rohil, ketua pengadilan negeri Rohil, Wakil ketua DPRD Nasirun Nur Efendi, sekda Rohil HM Job Kurniawan,S.AP, LAM Riau-Rohil, Para Asisten dan para pejabat pimpinan Pratama serta tokoh masyarakat.

Bupati Rokan Hilir H Suyatno mengatakan bahwa Pemkab Rohil Telah menganggarkan pembangunan kantor Koramil di kecamatan Tg Medan yang sudah siap pembangunannya.

“Tahun ini dianggarkan juga pembangunan asramanya.,”Katanya.

Kedepan pemkab Rokan Hilir memberikan hibah tanah untuk membangun persiapan kantor koramil di Panipahan.

Demikian hal ini diutarakan bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno ketika menyambut kedatangan pangdam I Bukit Barisan Mayjend TNI Hasanudin,S.I.P,MM ketika berkunjung ke Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir.

Kedatangan panglima komando daerah militer (Pangdam) I Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P, M.M di mess Pemda Datuk Batu Hampar Jalan Perwita Bagansiapiapi disambut juga acara adat Melayu Riau- Rohil diantaranya menyematkan tanjak, selempang dan kain songket, atraksi silat serta acara adat “upah upah” tepung tawar.

Dalam kesempatannya Bupati Rohil H Suyatno memaparkan secara singkat profil wilayah kabupaten Rohil yang telah berpisah dari kabupaten Bengkalis berdasarkan UU nomor 53 tahun 1999.

Dia menyebutkan Kabupaten Bengkalis telah melahirkan empat anak yakni pertama kota Dumai, kedua kabupaten Rokan Hilir, ketiga kabupaten Siak dan Kabupaten kepulauan Meranti.

“wilayah kabupaten Bengkalis begitu luas kemudian dimekarkan menjadi sejumlah kabupaten kota. Alhamdulillah saat ini bisa Mandiri,”Tuturnya.

Bupati juga memaparkan bahwa pemerintah daerah telah membangun sarana maupun prasarana untuk kantor kodim 0321/Rohil.

“Tahun ini kita juga membangun kantor koramil di kecamatan Tg Medan yang sudah siap pembangunannya,”Imbuhnya.

Tahun ini kata Dia tambah lagi asramanya. kedepan kita memberikan hibah tanah untuk membangun persiapan kantor koramil di Panipahan.

“Karena Panipahan ini merupakan wilayah pulau terluar yang berbatasan langsung dengan selat Malaka. Jadi Sangat penting kehadiran Koramil di daerah tersebut. Tanahnya sudah kita siapkan seluas 1 hektar. Letaknya sangat strategis,”Tutupnya.

Sementara itu Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin SIP,MM mengatakan kalau dirinya baru menjabat pangdam selama 6 bulan. Dimana kabupaten rohil ini nomor sekian kalinya dalam kunker yang dilaksanakan didaerah kodam I BB.

“Untuk rohil ini baru pertama kalinya menginjak kaki disini,”Akuinya.

Dia mengungkapkan Salah satu item kedatangan ke rohil itu untuk melihat penerapan protokol kesehatan (prokes) Karena saat ini negara masih dalam pandemi covid-19.

“Secara efektif mencegah penularan covid-19 adalah memakai masker. Karena masker 95 persen mampu mencegah penularan. Selain itu juga wajib untuk menerapkan 5 M,” Pesan Pangdam.(Said)