KesehatanLingkunganPekanbaruPemerintahan

Diskes Imbau Masyarakat Jaga Lingkungan dan Giatkan Goro

Minggu ke 49 DBD Capai 585 Kasus

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Saat ini, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pekanbaru kembali bertambah 17 kasus. Bahkan, hingga minggu ke-49 tahun 2017 ini, total korban DBD sudah mencapai 585 orang.
“Minggu lalu ada 576 kasus. Dan pada mnggu ini ada 585 kasus. Sedangkan kasus DBD masih tertinggi di Kecamatan Bukitraya berjumlah 91 orang, ” ujar Kepala Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru, Helda S Munir saat dikonfirmasi wartawan melalui
Surya Delvifiria SKM selaku
Kasi pencegahan penyakit menular Selasa (19/12).
Dijelaskan Surya Delviria SKM yang akrab dipangil Delvi ini bahwa kasus DBD ini bisa ditekan jika masyarakat ikut andil dengan cara berprilaku hidup sehat.
Untuk itu masyarakat diimbau untuk melakukan 3 M plus agar bisa memutus mata rantai penyebaran DBD.
Delvi menambahkan, abate dan racun malation yang dipakai untuk satu tahun ke depan, sudah disiapkan Diskes. Tetapi untuk penggunaan itu harus tetap melakukan fogging sesuai standard operating procedure (SOP).
“Apabila ada kasus, Diskes lakukan penyelidikan etiomologi. Jika dinyatakan ada jentik nyamuk, baru dilakukan fogging,” sebut Delvi
Dijelaskan Delvi korban yang rawan diserang DBD dominan anak-anak usia 0 sampai 14 tahun. Ia menyebut, sudah mempersiapkan surat edaran yang nantinya akan dikirim ke seluruh camat se Kota Pekanbaru. Surat edaran tersebut berisi sejumlah intruksi dan imbauan yang harus dilakukan oleh camat dan lurah untuk menekan angka DBD.
“Surat edaran yang akan dikirimkan ke seluruh camat tersebut berisi imbauan kepada masyarakat agar berperilaku hidup sehat, dan mengalakkan program satu rumah satu jumantaik dan pemasangan lavitrap,” ungkap Delvi
Delvi, untuk kasus DBD ini bisa ditekan jika masyarakat ikut andil dengan cara berprilaku hidup sehat.” Untuk itu masyarakat diimbau untuk melakukan 3 M plus.Hal ini, agar bisa memutus mata rantai penyebaran DBD, ” ungkap Delvi.
“Kita harapkan juga masyarakat menjaga kebersihan lingkungan. Dengan begitu angka DBD bisa dicegah sedini mungkin,” harap Delvi.

Data DBD Minggu ke 49

Bukit Raya 91
Tenayanraya 80
Tampan 78
Marpoyan Damai 70
Payung Sekaki 66
Senapelan 38
Rumbai 38
Rumpes 32
Limpul 29
Sukajadi 26
Pku kota 22
Sail 15

Total 585

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *