RohulTravel

X-Pert Adventure Jelajah Rimba Riau – Sumbar Segera Di Gelar 25 Maret 2017

ROKAN HULU, Riau Andalas. com – Olahraga ekstrim dengan menunggang kuda besi X-Pert Adventure Riau-Sumbar 2017 digelar pada Sabtu 25 hingga Minggu 26 Maret 2017 mendatang, nantinya akan menjelajah rimba sekaligus menapak tilas terkait perjuangan pahlawan nasional asal Tambusai Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau Tuanku Tambusai serta Imam Bonjol asal Sumatera Barat.

 

Ketua Pelaksana kegiatan X-Part Adventure Riau-Sumbar 2017 yang juga pendiri Rokan Hulu Trail Adventure Commonity (ROTAC), Syaf Alta, Senin (20/3/2017) mengatakan, mereka sudah membuka jalan atau jalur trail adventure melintasi kawasan Bukit Simalombu Rohul hingga ke Jorong, Rumbai Nagari Muara Tais Kecamatan Mapat Tunggul, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatara Barat.

 

Kata Syaf Alta lagi, pihaknya sudah mengundang para raider, baik dari dalam dan luar negeri, untuk berexpedisi terkait napak tilas dan menaklukan Bukit Simalombu dengan mengendari kuda besi atau motor trail.

 

“Mengapa X-Pert Adventure Riau-Sumbar 2017 melintasi Bukit Simolombu yang merupakan salah satu bukit tertinggi di hamparan Bukit Barisan yang terbentang, sepanjang Pulau Sumatera, dan terletak terbelah jadi dua, sebagian berada di Rohul, provinsi Riau sebagian lagi Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Karena, di zaman penjajahan Belanda, bukit itu tempat persembunyian pahlawan nasional asal Riau, Tuanku Tambusai dan asal Sumbar, Imam Bonjol. Sehingga, kegiatan ini juga merupakan napak tilas sejarah perjuangan,” ungkap Syaf Alta.

 

Katanya lagi, Bukit Simolombu memiliki ketinggian lebih kurang, 1500 MDPL dan bukit itu, nantinya jadi rute yang menantang dan ekstrim dengan dikelilingi hutan yang masih perawan. Itu nantinya, menambah tantangan para raider di X-Pert Adventure Riau-Sumbar 2017 dalam menaklukan si kuda besi.

 

“Berharap, dengan diprakarsai ROTAC kegiatan X-Pert Adventure Riau-Sumbar 2017, nantinya dua etape. Dimana ada sekitar 100 raider tangguh, baik dari luar dan dalam negeri yang ikut, seperti raider Benny Sriwijaya, Erick Anyink, Wak Aji, Lasak JMS dan Roslan Lukut dari Malaysia. Pada Jumat (24/3/2017), seluruh raider peserta sudah berada di Pasir Pangaraian dan menginap di Hotal Sapadia Rohul yang disiapkan panita pelaksana kegiatan,” ucap Syaf lagi.

 

Di etape I, nantinya seluruh raider akan dilepas Bupati Rohul start dari depan Hotel Sapadia, Rohul di Pasir Pangaraian menempuh rute 45 km hingga ke Bukit Simolombu dan finish di Jorong Rumbai Nagari Muara Tais Kecamatan Mapat Tunggul, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatara Barat. Kemudian, nantinya seluruh peserta akan menginap di Rumbai dan berbaur dengan seluruh masyarakat.

 

Lalu di etape II, pada Minggu (26/3/2017) setart dari Jorong Rumbai Nagari Muara Tais Kecamatan Mapat Tunggul, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatara Barat, dan finish di Pasir Pangaraian dengan menempuh jalur atau rute dari Kecamatan Rokan IV Koto sepanjang 110 Km.

 

Event akbar yang diselenggarakan ROTAC, bekerjasama dengan Eduro Total Indonesia didukung Jambi MX Store. Berharap, kedepannya event tersebut bisa jadi event tahunan yang dapat mengundang masyarakat luar dan dalam negeri, untuk mengenal tentang Kabupatan Rohul, sehingga bisa mempromosikan Rohul di mata dunia.

 

“Kegiatan ini, juga nantinya berdampak banyaknya masyarakat yang menyaksikannya, sehingga warga tempatan bisa buka usaha makanan dan minuman, sehingga mereka dapat menambah ekonomi keluarga. Apalagi event yang kita gelar selama 2 hari, diharapkan pemkab Rohul serta instansi terkait juga masyarakat bisa mendukung kegiatan yang akan kita gelar nantinya,” harap Syaf Alta. ** ( Alfian )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *