PemerintahanRiau

Disnakertrans Riau Catat 2016 TKA di Riau Capai 614 Orang


Jumlah TKA sesuai laporan kabupaten kota

PEKANBARU, Riau Andalas.com –  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau catat selama 2016 Tenaga Kerja Asing (TKA) di Riau capai 614 orang.

Data tersebut sesuai penerbitan Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) di Disnakertrans Riau yang sebelumnya sesuai laporan dari kabupaten kota. Dimana jumlah tersebut terbagi dibeberapa kabupaten kota seperti Siak sebanyak 271 yang merupakan kabupaten terbanyak menampung TKA.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Provinsi Riau, Rasidin Siregar, Pendataan TKA tersebut ada 3 proses yang diselenggarakan, yaitu diterbitkan oleh pusat (Kemenakertrans), BP2T Provinsi atas persetujuan gubernur dan dinas tenaga kerja dan Kabupaten Kota. Dimana 614 orang TKA itu merupakan data terakhir yang dihimpun Disnakertransduk Provinsi Riau dari beberapa Kabupaten/Kota hingga akhir November 2016.

“Jumlahnya masih terkontrol. Kami di Provinsi hanya mengeluarkan IMTA bagi TKA yang bekerja di 2 daerah dalam 1 provinsi. Selebihnya itu IMTA yang diterbitkan oleh pusat dan Kabupaten maupun Kota,” tandasnya.

Adapun rincian data TKA hingga akhir November 2016, yang diterima dari Disnakertransduk Provinsi Riau adalah sebagai berikut. Diantaranya, Kota Pekanbaru melaporkan sebanyak 7 orang TKA (IMTA diterbitkan Kota), Kabupaten Kampar melaporkan sebanyak 10 orang TKA (IMTA diterbitkan pusat), Siak melaporkan sebanyak 271 orang (diterbitkan kabupaten).

Kemudian, Bengkalis melaporkan sebanyak 54 orang TKA dengan keterangan IMTA 27 TKA diterbitkan pusat dan 27 TKA sisanya diterbitkan provinsi, dan IMTA yang khusus diterbitkan oleh Provinsi Riau berjumlah 272 orang TKA.

Sementara, beberapa Kabupaten/Kota yang tercatat sama sekali tidak melaporkan jumlah TKA nya ialah Kabupaten Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Dumai dan Kepulauan Meranti. (Dri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *