advertorialGaleriPemerintahanRohulSosial&Budaya

Pemkab Rohul Gelar Apel Nusantara Bersatu, Semarak Lagu Kebangsaan Dalam Bhineka Tunggal Ika

img_20161130_093341_1480489443844

ROKAN HULU, Riau Andalas.com  – Pelaksanaan Apel Nusantara Bersatu di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau Semarak dan khidmad terlihat para peserta tetap semangat meneriakkan persatuan dan mengikuti serangkaian acara yang diberi tema, Nusantara Bersatu, Indonesia Ku, Indonesia Mu, Indonesia Kita Bersama Bhineka Tunggal Ika.

Terpantau media ini seluruh peserta dan undangan mengikatkan kain merah putih dikepala masing-masing, tanda Bhineka Tunggal Ika meski berbeda-beda bahasa, Ras, Suku Agama, Adat, Budaya tetap satu  Acara tersebut di laksanakan di Taman Kota
Pasirpengaraian Kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu Rabu, (30/11/2016)

Hadir Dalam Acara tersebut Plt. Bupati H. Sukiman, Kapolres AKBP Yusup Rahmanto SIK MH, Pabung Kodim 0313/Kpr untuk Rohul Mayor Inf Suprapto, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Rohul, Para Asisten, Kabag, Kepala SKPD Pemkab Rohul, Ketua GOW Rohul, jajaran TNI dan Polri perwakilan masing se Rohul, Satpol PP, Organisasi Kepemudaan, Ketua dan Pengurus PPM, Ketua Koni Rohul Abdul Halim Bersama Pengurus, Ketua Kadin bersama Pengurus, serta Penampilan Putra-Putri berpakaian budaya adat di 33 Provinsi se Indonesia.

Yang menarik pada apel tersebut, disemarakkan dengan orasi kebangsaan oleh beberapa tokoh Pemuda dan ASN Rohul, Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) yang juga Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Rohul Drs Yusmar Yusuf M. Si, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Rohul Drs Yusri M.Si, pembacaan puisi kebangsaan oleh salah satu siswi SMA di Rohul dan dilanjutkan antraksi penampilan Kuda Kepang yang di persembahan Kecamatan Rambah dan Rambah Hilir.

Dalam sambutannya Plt Bupati Rohul H Sukiman mengatakan, apel Nusantara Bersatu yang digagas oleh Panglima TNI Gatot Nurmantyo ini bukan untuk mencegah perpecahan bangsa akibat situasi politik yang memanas akhir-akhir ini. Akan tetapi kegiatan ini lebih kepada meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap NKRI.

Ia menuturkan, kegiatan ini rencananya tidak hanya digelar di Rohul saja, tetapi di seluruh Indonesia secara serempak. Sehingga, sambung dia, keutuhan NKRI ini bisa terjaga dengan baik di seluruh penjuru nusantara.

“Kegiatan ini, dalam rangka membangkitkan jiwa nasionalisme Bangsa Indonesia dan memberi wahana silaturahmi untuk menjalin komunikasi antar komponen bangsa, seluruh lapisan masyarakat merapatkan barisan dengan menggelar apel kebangsaan Nusantara Bersatu, Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama Bhinneka Tunggal Ika,” operasi pudato Plt Bupati Rohul H Sukiman, Merdeka, Merdeka…. yang disambut semarak oleh seluruh peserta Upacara.

“Mari kita menjaga persatuan bangga kita Indonesia, hilangkan dan jauhkan dari diri kita berbagai perbedaan dan jadikan perbedaan itu menjaga Bhineka Tunggal Ika yang sudah digagas oleh para Pahlawan kita yang gugur di Medan perjuangan bangsa kita Indonesia serta Indahnya perbedaan itu dalam kebersamaan kita sehari-hari,”pungkas Bupati mengajak.

Diakhir acara, lagu-lagu kebangsaan yang dinyanyikan semakin memeriahkan apel tersebut, seperti lagu Indonesia Raya, Dari Sabang Sampai Merauke, Merah Putih dan beberapa lagu lainnya yang diiringi Orkestra yang sudah disediakan panitia dan foto bersama. (Adv/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *