PemerintahanRohil

Ketua BPBD Rohil Memprediksi Angin Kencang Para Nelayan Harus Ekstra Dengan Hati Hati.

24img_20161120_135324
BAGANSIAPIAPI, Riau Andalas. com – Wajar wajar saja kalau nelayan harus berhati hati disaat melaut dimusim hujan disertai dengan hempasan angin kencang dan gelombang tinggi hingga mengakibatkan juga air lautnya naik menjadi tinggi sekian meternya yang melebihi dihari biasa. sebab resikonya melaut sangat dikhawtirkan dengan keselamatan bagi para nelayan apa lagi bermalam tinggal dilaut.

menanggapi hal itu sesuai kondisi dimusim hujan sekarang ini Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD)Rokan Hilir H.Azhar Achmad Ali SE Msi,melontarkan tanda rasa keprihatinannya terhadap para nelayan bahwa disaat melaut harus mewaspadai tekanan dari angin kencang dan gelombang tinggi hingga air lautnya menjadi tinggi lantaran dibulan akhir akhir ini di kabupaten Rokan Hilir kelak dilanda seperti hal yang dimaksud.

Dikatakannya, bahwa dia tidak melarang atau menakuti para nelayan mencari rezeki dilaut,tetapi dia mengingatkan dengan kewaspadaan para nelayan disaat melaut harus konsentrasi menghindari hal hal yang tidak diinginkan dan jangan lupa melengkapi peralatan boat dengan pelampung serta sebagainya untuk antisipasi keselamatan.

“sekarang ini memang sudah musim penghujan,tetapi tidak bisa kita prediksikan kapan turunnya, bisa hujan itu turunnya siang dan juga bisa malam,” katanya dengan meyarankan para nelayan agar saat melaut penuh dengan berhati hati untuk mengatasi musim hujan dan angin kencang.

sejauh ini Azhar menyebutkan, bahwasanya laporan dari  Badan Meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG) rutin menyampaikan bahwa gelombang air laut masih di bawah 1 (satu) meter.akan tetapi hal demikian tidak tertutup kemungkinan bahwa gelombang itu akan naik lebih tinggi lagi lantaran cuaca hujan disertai angin kencang.

“Kita sudah melakukan bincang bincang dengan beberapa nelayan tradisional khususnya yang ada Bagansiapiapi,kalau gelombang di laut memang cukup tinggi,”ujarnya kepada wartawan minggu(20/11/2016) di Bagan SiapiApi.

Lebih lanjut, Data dari BMKG yang diterima BPBD Rohil untuk tanggal 18 dan 19 November 2016 angin bertiup dari arah barat hingga kelaut dengan kecepatan 05-10 knot atau sekitar 09-18 kilometer perjam.namun,kata Azhar lagi,secara umum cuaca di wilayah Propinsi Riau berawan sehingga peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang serta  petir dan angin kencang diperkirakan terjadi diwilayah Riau dibagian utara,tengah hingga pesisir timur akan terjadi pada sore dan malam hari.

“Intinya disaat nelayan kita mencari rezeki dilaut dimusim hujan ini hendaknya mereka tidak terindikasi dengan gelombang tinggi dan angin yang kencang sehingga para nelayan saat beraktifitas mendapatkan hasil yang baik,sebab yang kita khuwatirkan para nelayan kita kebanyakan memalam ditengah lautan,memang rawan jika gelombangnya tinggi
.”tandasnya.(said)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *