LingkunganRohul

Dishutbun Akan Hijaukan Kembali Tempat Konservasi Arwana di Rawa Seribu Mahato

1kawasan-rawa-seribu-mahato

ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), akan lakukan penghijauan kembali (reboisasi) di bagian kiri dan kanan sungai Mahato Kanan di areal kawasan konservasi ikan Arwana di Rawa Seribu, Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara tahun ini.

Dimana penghijauan yang akan dilakukan Dishutbun Rohul, dengan menanami bagian kanan dan kiri aliran sungai Mahato sepanjang 6 kilometer dengan tanaman jenis rindang dan cocok ditanam di pinggir sungai, seperti beringin, pulai, jengkol, mahoni, matoa, dan lainnya.

“Dari target pertama yakni 1,2 kilometer, yang merupakan lubuk ikan hias arwana untuk jenis Golden Red,” ungkap Sekretaris Dishutbun Rohul, Arie Ardian, didampingi Kasi Advokasi Penyidikan Dishutbun Rohul Samsul Kamar, Rabu (2/11/16/2016).

 

Jelas Arie lagi, penghijauan akan segera dilakukan bila dana yang diajukan Dishutbun disetujui di APBD Perubahan tahun anggaran 2016. Dimana untuk luas areal Rawa Seribu awal diajukan oleh Bupati Rohul sebagai kawasan konservasi ikan arwana tahun 2007 silam capai 3.700 hektar.

 

Tetapi, areal konservasi ikan hias jenis arwana Golden Red tersebut terus berkurang, akibat maraknya aksi perambahan dilakukan oknum masyarakat, juga oknum anggota DPRD, serta yang juga diduga melibatkan perusahaan.

Dari hasil rapat koordinasi di Jakarta belum lama ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan LHK, Siti Nurbaya menegaskan, pihaknya akan membentuk TIM Terpadu guna mendata masyarakat pemilik kebun dan oknum-oknum terlibat yang telah melakukan perambahan.

 

“Kita memperkirakan tim Terpadu SK Menteri LHK akan turun dalam tahun ini,” ucap arie ardian ** ( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *