PemerintahanRiau

Penyerapan Minim, Anggaran Malah Dicoret

masnur
Dewan Sayangkan Bappeda Coret Anggaran Dispora Riau Rp 23 M
Pekanbaru, Riau Andalas.com– Angggota DPRD Riau sayangkan Bapedaa Riau coret anggaran Dispora Riau sebesar Rp23 Milliar. Pasalnya, anggaran tersebut untuk pemeliharaan seluruh aset olah raga di Riau. Diantaranya Main Stadion Riau yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Hal ini tersebut disampaikan Anggota Komisi E DPRD Riau Muhammad Adil. Dikatakanya, pencoretan anggaran itu diketahui setelah melaksanakan hearing dengan Koni dan Dispora Riau Kamis (16/6) sore lalu.

Seharusnya, sebelum melakukan pencoretan itu, pihak Bapedaa juga melakukan pertimbangan, karena selain urgen anggaran tersebut juga bisa membantu penyerapan APBD Riau yang saat ini masih minim.

“Sekarang lihat saja kondisi bangunan-bangunan yang ada, banyak yang sudah lapuk tidak mungkin dibiarkan begitu saja,” kata Adil.

Jika anggaran tersebut dipergunakan atau tidak dicoret katanya, kemungkinan penyerapan anggaran yang ada di Dispora Riau bisa mencapai angka 50 persen, sementaran saat ini bari berkisar 30 persen. Sehingga ini menjadi pertanyaan besar bagi Komisi E DPRD Riau. “Kita juga harus tau apa penyebab anggaran itu di coret, dan dengan pencapaian peyerapan 30 persen kita juga pertanyakan apa saja yang dikerjaka Dispora selama ini,” ujarnya.

Sementara Kepala Dispora Provinsi Riau – Edy Yusti menjelaskan, pencoretan anggaran tersebut terkait keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemprov Riau tambah lagi minimnya DBH Migas yang diterima Provinsi Riau. Sehingga dilakukan rasionalisasi anggaran.

Sedangkan terkait pemeliharaan aset olah raga, seperti main stadion Riau, ia mengatakan baru diserahkan sepenuhnya pada Pemerintah Provinsi Riau. Sehingga pihaknya belum ada melakukan penganggaran untuk pemeliharaan aset tersebut.

“Semenjak status main stadion menjadi milik Dispora 11 September 2015 lalu, kami belum ada mengajukan dana pemeliharaan, utuk itu belum ada pemeliharaan” jelas Edy Yusti.

Memanggapi hal itu, ketua Komisi E DPRD Riau Masnur, mengharapkan, Dispora segera menganggarkan pemeliharaan dalam APBD Perubahan 2016 mendatang. Agar seluruh aset yang ada tersebut dapat dioptimalkan untuk pemasukan kas daerah Riau.

“Kita minta dianggarkan dalam APBD P mendatang, agar kedepanya bisa jadi prospek masukan untuk daerah. Ini harus difikirkan dari sekarang,” ujar masur minta Dispora buat anggarannya dengan terencana dan terukur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *