Berita utamaLingkunganRohul

5 Unit Rumah Warga Rambah Hilir Terbakar, Wabup Rohul Sampaikan Pesan Ini

ROKAN HULU-Lima rumah di Areal Surau Suluk  AR Ridho Dusun Muara Nikum Seberang RT 001 RW 01 Desa Rambah Hilir Tengah Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dilalap Si Jago Merah, Sabtu (25/6/2022) sekitar pukul 16.30 Wib

Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK MM melalui Kasubsi Si Humas AIPDA Mardiono Pasda SH mengatakan “Kebakaran Lima Unit Rumah milik warga termasuk rumah kediaman milik Tuan Guru Kholifah Sulaiman,” Katanya.

Berdasarkan Saksi di Lapangan
Ahmadi (36) dan Musri  (40), rumah yang terbakar milik,  Hj Rohani  (80), Alimatun (60), Musri (45), Sahri (70) dan Zulkifli (65) (Kholifah Sulaiman tuan guru Suluk AR Ridho).

Informasi yang di peroleh Kapolsek Rambah Hilir IPDA Debi Azhar SH MH,  sekitar pukul 16.30 Wib, Ahmadi, sedang berada di depan rumah dengan ayahnya Tuan guru Mursyid Zulkifli  (Kholifah Sulaiman) Tiba-tiba  Hj Rohani berteriak dari dalam rumah bahwa dapurnya terbakar

Mendengar itu, Ahmadi, berlari menuju ke dapur yang terbakar dan kondisi api sudah membesar
Dirinya, langsung berusaha untuk memadamkan api dengan ember dan berteriak meminta tolong karena jenis bangunannya dari papan,” tuturnya sehingga api dengan cepat membesar dan merembet hingga menghanguskan lima buah rumah di sekitarnya.

Kondisi lokasi kebakaran berada di seberang Sungai Batang Lubuh dan hanya bisa dijangkau dengan menggunakan Getek atau pelayangan, selain itu jenis bangunan yang terbakar rumah papan dengan kondisi bangunan  berdekatan berjarak 2 meter antar rumah ” Jelasnya.

Hingga kini Penyebab kebakaran  belum diketahui, namun Kerugian materil  diperkirakan mencapai 350.000.000, beruntung tidak ada Korban Jiwa

Atas kejadian itu, Polri  sudah berkoordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul agar para korban bisa terbantu.

Di tempat terpisah, Sekretaris BPBD Rohul Afrizal, SP, MIP  dikonfirmasi, pihaknya telah  melakukan koordinasi atas peristiwa tersebut.

“Sudah dikomunikasikan, dengan  segera akan dilakukan upaya untuk membantu para korban,” kata Afrizal, SP, MIP lewat sambungan telponnya.

Di tempat berbeda, Wakil Bupati (Wabup) Rohul H Indra Gunawan, menyampaikan, dirinya sudah memerintahkan Kepala BPBD Rohul untuk segera melakukan penanganan terhadap peristiwa tersebut.

“Sudah diperintahkan Kepala BPBD tadi, sudah diarahkan segera untuk membantu para korban,” pungkasnya mengakhiri.
***(Alfian Top)