Berita utamaKesehatanPekanbaruRiau

Banyak Terjaring Positif, Gubri Wajibkan PCR Bagi Pendatang ke Riau

PEKANBARU,Riauandalas.com-Banyaknya pasien positif Covid-19 dari luar Provinsi Riau, membuat Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Riau mewajibkan swab PCR (Polymerase Chain Reaction) bagi orang masuk Pekanbaru, baik melalui jalur udara, laut, dan darat.

Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau, Syamsuar mengatakan, dalam beberapa hari ini penambahan kasus harian di Riau juga ada banyak pasien dari luar Provinsi Riau.

“Beberapa hari ini orang yang datang dari provinsi lain kita lihat banyak yang positif Covid-19. Itu angka yang tertinggi beberapa hari ini yang positif di atas 10 orang. Itu ada dari dua provinsi, yaitu Sumatera Barat dan Sumatera Utara,” katanya.

Lebih lanjut Syamsuar menyampaikan, pasien positif dari luar provinsi itu datang ke Riau, khususnya di Pekanbaru ada yang melalui jalur udara dan darat.

“Pak Walikota sudah kita minta untuk mengantisipasi itu. Dimana setiap orang yang datang ke Pekanbaru melalui jalur udara, itu harus dilakukan swab antigen,” terangnya.

“Begitu juga orang yang datang jalur darat ke Pekanbaru harus diarahkan melakukan pemeriksaan, dan harus melakukan karantina jika terbukti positif Covid-19. Itu semua untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” sambungnya.

Karena itu, Gubri kembali menegaskan jika sebelumnya masuk Riau hanya menggunakan swab antigen. Maka sekarang setiap orang datang ke Riau diwajibkan melakukan swab PCR.

“Itu sudah kita bicarakan, dan kita sepakati bersama Forkopimda. Misalnya orang datang dari Jakarta, atau dari Medan dan Kepulauan Riau walaupun orang Pekanbaru wajib swab PCR,” tutupnya.