Berita utamaBisnis&EkonomiPekanbaruRiau

Setelah Rubio Jaya Steel, 2 IKM Riau Kembali Terima Sertifikat SNI

PEKANBARU, Riauandalas.com- Dua Industri Kecil dan Menengah (IKM) binaan Pemprov Riau yang begerak dibidang Alat Mesin Pertanian (ALSINTAN) kembali terima sertifikasi  Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Adapun Dua IKM tersebut adalah, IKM Madu Wilbi, dan IKM Mutiara Madu Kuansing, dimana SNI ini merupakan tahap ke dua setelah Rumbio Jaya Steel, Dusun III Pasubilah Barat, Desa Teratak, Kecamatan Rumbio Jaya untuk produk Dodos dan Egrek.

Sertifikat SNI tersebut, diserahkan langsung oleh Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Kukuh S Achmad yang didampingi Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (17/6). Dimana ia berharap IKM di Provinsi Riau bisa meningkatkan kualitas produknya sehingga IKM/UMKM bisa menjadi andalan perekonomian di Tanah Air.

“Kita tahu jumlah IKM mungkin lebih dari 60 juta, dan kita lihat ini adalah potensi yang sangat besar, oleh karena itu BSN selalu komitmen untuk memfasilitasi IKM/UMKM agar produknya bisa bersaing,” ujarnya.

Sementara Wagubri Edy Natar Nasution mengaku, sangat bangga dengan hasil yang telah dicapai 3 IKM tersebut. pasalnya ininjuga merupakan salah satu peluang bagi IKM untuk lebih maju dan meningkatkan perekonomian kedepan.

“Kita tentu patut berbangga, apa lagi sertifikat pengakuan rekor nasional, yang bisa membantu membesarkan UMKM alam memulihkan ekonomi kedepan,” katanya.

Dengan telah mendapatkan sertifikat SNI ini, Wagubri juga mengatakan akan memberikan banyak keuntungan baik bagi produsen maupun konsumen. karena melalui SNI tersebut diharapkan dapat menjadi pemicu bagi IKM/UMKM lainnya untuk meningkatkan produk dan proses produksi yang sesuai standar dan kriteria yang ditetapkan.

“Bahkan ke depan melalui SNI juga kita harapkan pemasaran produk IKM lebih meningkat dan dapat menembus pasar ekspor,” pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk pembinaan IKM ini Pemprov Riau juga melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN). MoU tersebut sebagai bukti kerjasama meninglatkan dan membantu UMKM di Riau kedepan. Dimana penandatanganan tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution dengan Kepala BSN, Kukuh S Achmad.(dre)