Berita utamaPemerintahanRohil

Panen Padi Raya Di Rokan Baru Rohil, Gubri : Terima Kasih Program Han Pangan Terlaksana Dengan Baik II

Rokan Hilir, Riau Andalas Com -Rangkaian giat Kunker Forkopimda Prov. Riau di Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir, dalam Rangka Panen Raya Padi di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan berlangsung hikmad.

Panen raya padi ini Gubernur Riau, Drs. Syamsuar M.Si, didampingi Danrem 031/WB, Brigjen TNI M. Syech Ismed S.E,M.Han, Kapolda Riau diwakili Wakapolda Riau, Brigjen Pol Tabana Bangun M.Si. turut hadir Kajati Riau diwakili Kajari Rohil, Gaos Wicaksono S.H, M.H, Danlanal Dumai diwakili DanDansubdenpomal, Bupati Rokan Hilir H Suyatno Amp diwakili Sekda Rohil H Job Kurniawan AP, MSi,  Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi S.I.P,M.I.Pol, Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi S.H.,Sik, Kadis, Kakan Pemkab Rohil, Upika Kecamtan Pekaitan beserta JajaranU UpikaKecamatan Bangko Pusako.

Adapun rangkaian giat yang dilakukan yaitu, Penghormatan, Pembacaan Doa oleh Bapak Suhaimi S.Ag, Sambutan Dandim 0321/Rohil, Ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Gubri beserta rombongan atas kehadiran pada saat Panen Raya Padi di Kecamatan Pekaitan ini.

Dalam kata sambutan Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi S.I.P,M.I.Pol mengaktakan,  Lahan ini merupakan tanah beting yang sebelumnya belum dimanfaatkan dan alhamdulilah saat ini merupakan panen raya padi yang ke-2.

“Saat ini, kita akan melaksanakan Panen Raya dilahan Padi seluas +/- 130 Ha dari total Program pengembangan lahan seluas +/- 600 Ha, yang insyallah pertengahan/akhil 2021, akan dapat terlaksana dan tentunya dengan bantuan semua unsur terkait. Di lahan ini juga para kapoktan mengembangkan Padi Organik (Tanpa Pupuk Kimia) dan insyaalah akan menghasilkan 4 – 5 Ton/Ha,”Jelasnya mengakhiri.

Selain itu, Danrem 031/WBt juga melontarkan Ucapan terima kasihnya yang sebesar besarnya atas kerja keras Pok Tani, Babinsa, Babinkamtibmas serta semua unsur terkait, sehingga Program Han Pangan yang merupakan Program Nasional dimasa Pandemi Covid-19 ini dapat terlaksana dengan baik di Kabupaten Rohil ini.

Sedangkan Bupati Rokan Hilir H Suyatno Amp melalui Sekda Rohil H Job Kurniawan AP, MSi tidak lupa Ucapan selamat datang dan Terima Kasih atas kehadiran Rombongan Gubri di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir.

“Target pengembangan Padi di lahan ini nantinya seluas 600 Ha, dan untuk mencapai itu, Kami dari Pemkab Rohil sangat membutuhkan bantuan dari Pemprov. Riau,”Jelasnya.

Sementara itu Gubernur Riau H Syamsuar juga Ucapan terima kasihnya yang sebesar besarnya kepada Pok Tani, Babinsa, Kodim 0321/Rohil serta Pemkab Rohil atas semangat dan kerja keras nya sehingga Program Han Pangan di Kabupaten Rohil ini dapat terlaksana dengan baik.

Gubri menambahkan, Dimasa Pandemi Covid-19 ini, Prov. Riau sudah masuk 10 besar dalam penyebaran Covid-19 dan ada 6 Kab/Kota di Prov. Riau yan g sudah masuk Zona Merah.

“Selain penanganan Pasien Covid-19, hal yang paling utama adalah pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kita, yang salah satu diantaranya dengan cara menggunakan Masker,”Tutupnya.

Disela sela rangkaian panen padi ini juga melakukan Penyerahan Sertifikat Penghargaan, kepada Sujarwo Edi Saputro (Penghulu Rokan Baru pesisir), Koptu Sugianto (Babinsa Ramil 01/Bangko Dim 0321/Rohil) dan Soleh Yulianto S.P (PPL).

Selain penyerahan sertifikat Pemkab Rokan Hilir juga melakukan Penyerahan Bantuan, Mesin Perontok padi kepada Poktan Maju jaya dan Poktan Maju Bersama pesisir. Tidak hanya itu Pemkab Rohil juga menyerahkan bantuan Alat pengendali Hama ke Poktan kartika 1, Poktan Karya Sejati serta Poktan Sido Makmur.

Pemanenan Padi oleh Forkopimda Provinsi Riau, Forkopimda Kabupaten Rohil beserta Upika Kecamatan Pekaitan sebagai tanda Pembuka Pelaksanaan Panen Raya Padi di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir Kabupaten Rohil. Setelah sekira Pukul 12.25 WIB giat berlangsung Rombongan Forkopimda Prov. Riau selesai, dan pergi meninggalkan Lokasi Panen Raya Padi menuju Kantor Penghulu Rokan Baru Pesisir.

Sekira pukul 12.40 WIB Rombongan tiba di Kantor Penghulu Rokan Baru Pesisir untuk melaksanakan Ishoma. Pukul 13.10 WIB Rombongan Forkopimda Prov. Riau berangkat menuju Hellypad di Lapangan.(Rlis / Said)***