KesehatanPemerintahanRiau

Meski Bertambah 2 Prediksi Peningkatan Pasien Positif Riau Masih Tinggi

PEKANBARU, Riauandalas.com- Sesuai update Tim gugus tugas penanganan Covid 19 Riau, hari ini (Kemarin.Kamis 23 Juli 2020. Red) pasien positif di Riau kembali bertambah sebanyak 2 orang dengan total akhir 350 orang, 107 dirawat, 233 sehat dan dipulangkan dan 11 orang meninggal dunia.

Informas tersebut sesuai rilis yang disampaikan tim gugus tugas penanganan Covid 19, Riau, jika 2 pasien positif tersebut berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dan Indragiri Hilir (Inhil) . Dimana pasien tersebut hasil tracking kontak pasien positif sebelumnya.

Sesuai prediksi, penambahan pasien positif Covid 19 di Riau ini masih akan berlanjut beberapa waktu berikutnya. Ha itu juga terkait pelaksanaan dan pengesaan tes swab yang dilakukan tim gugus tugas di seluruh kabupaten kota di Riau yang saat ini tinggal menunggu hasil pemeriksaan dari laboratorium RSUD Arifin Achmad.

Hal. Itu juga diakui Jubir gugus tugas penanganan Covid 19 Riau, dr Indra Yovi sebelumnya, jika untuk penyebaran Covid 19 Riau belum termasuk aman dan masih berada dalam tingkat kewaspadaan. Untuk itu ia tetap menghimbau masyarakat tetap menjaga dan meningkatkan kewaspadaan dengan tidak lupa menerapkan protokol kesehatan.

“Semua itu juga terlihat dari peningkatan kasus beberapa waktu sebelumnya yang terus mengalami penambahan. Bahkan penambahannya juga cukup drastis,” katanya.

Hal senada juga tidak dipungkiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yunani Nazir, jika penambahan jumlah kasus ini juga merupakan hasil dari pelaksanaan tes swab yang terus digesa di setiap kabupaten kota. Namun hal tersebut juga ada baik karena bisa dengan cepat mendeteksi dan melakukan tindakan pencegahan penyebaran serta memutus mata rantai Covid 19 di Riau.

“Memang, dengan adanya pengesaan tes swab massal ini akan ada hasil yang didapatkan. Tapi ini sangat bagus untuk bisa lebih cepat mengetahui dan melakukan pencegahan,” tuturnya.

Sebagai mana diketahui, adapun rincian 2 penambahan pasien positif Covid-19 tersebut adalah, Pasien 349 berinisial, An. H (10) berjenis kelamin laki – laki yang merupakan warga Kabupaten Kuantan Singingi dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Kuantan Singingi. An. H (10) melakukan Swab pada tanggal
17 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Positif Covid-19. An. H (10) merupakan kontak erat dari Kasus Positif Covid-19 di Provinsi Sumatra Barat.

Selanjutnya, Pasien 350 inisial By. SF (6 Bulan) berjenis kelamin perempuan yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. By. SF (6 Bulan)
merupakan kontak erat dari Kasus Positif Ke 250 Ny. M (27) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir.

Sedangkan kabar baiknya, ada 1 pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh, yaitu Ny. DN (46) yang merupakan warga Kota Pekanbaru.

Sedangkan terkait PDP yang masih dirawat saat ini berjumlah sebanyak 142 pasien. PDP negatif covid-19 dan dipulangkan berjumlah 2.193 orang, dan PDP
meninggal dunia berjumlah 211 orang dengan total akhir PDP berjumlah 2.546 orang.

Untuk ODP dalam pemantauan berjumlah 3.477 orang, ODP sudah selesai pemantauan berjumlah 83.178 orang. Sampai hari ini, Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad
telah memeriksa 18.027 spesimen.(dre)