PemerintahanRohil

Tinjau Penggalian Parit, Wabup Rohil : Kita Turun Menambah Semangat DLH.

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Wakil Bupati Rokan Hilir, Drs H Jamiludin didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir, Suwandi S.Sos melakukan peninjauan Penggalian Pembersihan parit dengan menggunakan alat berat Di Jalan Lintas Batu Delapan (8), Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar, Kecamatan Bangko, Selasa 23 Juni 2020.

 

Peninjauan tersebut juga di Hadiri Penghulu Labuhan Tangga Besar Tarmizi SH, dan beberapa masyarakat yang ada dilokasi penggalian itu serta beberapa awak media.

 

Dalam Kesempatannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir, Suwandi S.Sos menjelaskan, beberapa orang menyampaikan bahwasanya di kawasan batu 7 labuhan tangga besar ini kalau hujan banjir, dan  masyarakat itu meminta pendapat untuk membersihkan dan normalisasi parit parit yang ada di sini termasuk di Sungai Batu 7.

 

“sudah sampai seminggu pekerjaan ini kita laksanakan, rencananya pekerjaannya kita laksanakan mulai dari jembatan batu 7 mengarah kepada badan ke kanan jalan panjangnya berkurang 8 KM,”Terangnya. Dia Mengatakan setelah ini pihaknya juga akan menggali baru dan tanami pohon pohon peneduh berupa pohon ketapang lantaran itu dilakukan pihaknya untuk menambah keindahan kota.

 

“Di sebelah kanan 8 kilo termasuk sungai yang dari jembatan 7 mengarah ke Kodim itu juga dinormalisasi sudah hampir 10 hari,”Ucapnya.

 

Suwandi mengaku, kendala cuma ada beberapa rumah warga yang Tanah kosong melintasi parit tidak menggunakan gorong-gorong maupun bukaper sehingga menyebabkan arus air itu agak terkendala.

 

“Kita melakukan koordinasi dengan penghulu supaya itu bisa diberitahukan kepada pemilik tanahnya agar mereka bersedia untuk dibongkar,  untuk kita normalisasi agar airnya bisa berjalan sampai ke Batu 7. sudah kita lakukan Penghulu menyampaikan ke warga yang merasa tanahnya melintasi diparut tidak menggunakan gorong maupun tidak menggunakan jembatan,”Tutup Suwandi mengakhiri.

 

Sebelumnya, Wakil Bupati Rokan Hilir Drs H Jamilidin mengatakan bahwa ia meninjau lokasi yang dikelola oleh Dinas  lingkungan hidup (DLH) bahwasanya beliau sudah menyiapkan, melaporkan kepada seluruh jajaran pihaknya yang hati – hati dalam lingkungan kota khususnya dan umumnya.

 

“Dia punya program mungkin setelah untuk yang di atas tanaman pohon – pohon sebagaimana yang diinginkan, itupun kita menganjurkan kepada warga masyarakat kita yang selama ini ditanami oleh pisang, ditanami dengan bermacam-macam dan tanaman palawija,”Ucapnya.

 

Jamiludin menambahkan, hari ini turun kelokasi diPenggalian parit itu  sengaja memberikan semangat dan memotivasi, mungkin dengan pelaksanaan ini dirinya turun menambah semangat dari kerja pada masyarakat untuk keindahan yang selama ini mungkin tak terjamah.

 

“kita himbau masyarakat untuk menjaga kebersihan parit ini dan tanam tanaman, kemudian nanti bisa juga menanam pohon untuk keindahan kota,”Tutupnya.(Said)***