Berita utamaHukum&KriminalRohil

Kunker Di Mapolsek Bangko, Kapolres Rohil Mengajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan.

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Kapolres Rokan Hilir, AKBP Nurhadi Ismanto SH SIk bersama rombongan Kunjungan Kerja (Kunker) DI Mapolsek Bangko, sekaligus Sosialisasi bersama Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, lintas Agama,  Denramel 01, Posal BaganSiapiApi, Rutan, Imigrasi, serta Forkopimda kecamatan Bangko dan pekaitan Di Gedung Aula  Mapolsek Bangko bertempat DI jalan Perwira, Selasa 23 Juni 2020, Sekira Pukul 09 Wib pagi Ini.

 

Kedatangan Kunjungan Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto SH SIk bersama rombongan Di Mapolsek Bangko, itu Disambut hangat oleh Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH beserta 49 orang anggota Personel terdiri dari Polsek Bangko Dan Pekaitan serta lainnya.

 

Dalam Sambutannya, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH menyampaikan Kepada Kapolres Rokan Hilir, AKBP Nurhadi Ismanto SH SIk bahwa konsep bangko membawa di 2 kecamatan yaitu kecamatan bangko dan kecamatan pakaitan, untuk kecamatan Bangko sendiri ini terdiri dari 15 kelurahan atau kepenghuluan untuk kecamatan pakaitan ada 10 kepenghuluan.

 

“tentunya ini adalah merupakan tantangan bagi kami sendiri maupun juga personel kita yang ada karena tidak semua kekuatan yang sudah diawasi, apalagi mengingat jaraknya antara polsek Bangko dengan kacamatan pakaitan lebih kurang satu jam, ini juga daerah yang cukup rawan kebakaran hutan dan lahan seperti tahun kemarin ada beberapa yang terbakar,”Terangnya.

 

Dikatakannya selain Pekaitan penghulu kecamatan bangko juga mengalami kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di labuhan tangga besar, di bagan jawa, jalan bulan dan di pesisir.

 

“tentunya kita berharap mudah-mudahan tahun ini kebakaran hutan dan lahan dapat kita tekan visi kita bersama-sama dengan camat yaitu camat pekaitan maupun camat bangko dan seluruh unsur terkait lainnya,”

 

“selama ini kita sudah bersinergi luar biasa dalam rangka menekan kebakaran hutan dan lahan, tahun kemarin ada satu yang kita proses saat ini sudah di persidangan di pengadilan dan perubahan ini juga secepatnya dalam rapat keputusan yang sebaik-baiknya,”Tambahnya.

Kapolsek Bangko mengaku pihaknya telah menangani perkara kebakaran 26 kasus sampai bulan juni ini dimana kini telah proses penyidikan dan perkara lain perkara 21 kasus, yaitu kasus c3 namun demikian perkara ini bukan semuanya dapat dikendalikan pihaknya dengan sebaik-baiknya.

 

“Ini juga saya melaporkan kepada bapak kapolres Rohil,”Ungkapnya.

 

Polsek bangko lanjutnya, dengan jumlah personel 48 personil untuk personil bangko 39 personil dan sektor pakaitan 9 personil, tentunya dilapangan sangat kurang untuk menunjang tugas-tugas kepolisian yang cukup banyak apa lagi kasus setiap tahun selalu terjadi.

 

Menurutnya tentunya ini kami mengharapkan mudah – mudahan Bapak Kapolres berkenan nanti untuk meningkatkan personil kita, terutama sekali para bagian kamtibmas kalau memungkinkan kegiatan kita yang lain adalah dalam rangka Covid 19, ini juga kita bersinergi dengan pihak kecamatan kecamatan bangko kemudian kepakaitan karena kita berada di ibu Kota Kabupaten Rokan Hilir, kita juga bersinergi dengan aparat kabupaten, baik itu dengan tim gugus tugas kabupaten dari unsur TNI Dan instansi lainnya.

 

“alhamdulillah sampai saat ini di kabupaten rohil dan diwilayah hukum polsek Bangko khususnya yang untuk masyarakat alhamdulillah sampai saat ini Nihil Positf Corona, tentunya ini adalah kerja sama semua pihak, kami atas nama Personil Polsek Bangko mohon Petunjuk Tunjuk Ajar Kepada Bapak Kapolres Rohil Agar sinergi lagi kedepannya”Tutupnya.

 

Sementara Itu Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto SH SIk merasa  bersyukur sampai saat ini masing – masing tokoh ulama, adat atau suku masing-masing agama yang ada di sini dapat bersinergi dengan baik berinteraksi sehingga tidak ada pergesekan maupun konflik antar suku maupun agama di kecamatan Bangko, yang kami hormati.

 

“Alhamdulillah wa syukurillah puji syukur dari Allah subhanahu wa ta’ala pada pagi hari ini kita dapat berkumpul dalam rangka silaturahim kami selaku Warga Baru di kota pagi ini kepada bapak masyarakat kecamatan berkaitan sebelumnya kami memang baru sebagai Kapolres Rokan Hilir ini cuma kami serasa pulang tugas  karena sebelumnya kami sempat memimpin Polsek Bangko Ini  4 tahun yang lalu, dan alhamdulillah kembali lagi ke bangko ini mendapatkan amanah sebagai Kapolres Rokan Hilir, masih banyak kenal dari rekan-rekan semua Alhamdulillah terima kasih sudah datang pada acara pagi hari ini,”Katanya.

 

Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto SH SIk mengatakan ada beberapa hal yang disampaikannya berkaitan berkaitan dengan keamanan situasi maupun kepada masyarakat untuk diketahui dan disosialisasikan dalam rangka evaluasi kegiatan penegakan disiplin maupun penanganan covid 19 di provinsi Riau. dengan adanya New Normal ini atau tatanan hidup baru banyak masyarakat yang belum paham sehingga seolah-olah kehidupan yang lalu itu belum terakhir.

 

“kasus positif Corona di provinsi Riau meningkat tajam sehingga istilahnya angka kerawanan penyebaran covid-19 ini dari 0,7 sehingga harusnya kalau 0,7 di batas aman atau batas zona hijau kita naik menjadi 2,44 menjadi zona merah zona merah di provinsi ini. kami mengajak kepada Bapak Ibu semuanya disampaikan pada masyarakat memang saat ini kita ada new normal normal tatanan kehidupan baru dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan covid-19 tetapi tidak seenaknya seperti kembali yang lalu sehingga yang kita khawatir kan adalah gelombang kedua pada  ini dan itu benar terjadi makanya tadi malam sengaja kita seluruh forkopimda pelaksana video konvoi dengan forkompinda provinsi,”Jelasnya.

 

Kapolres Rohil mengajak seluruh masyarakat tetap wajib disiplin diri dulu karena pandemi ini belum berakhir karena diprediksi sampai akhir tahun. jadi harus bersabar tetep mempedomani kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak sering cuci tangan.

 

“minimal dengan kegiatan itu kita dapat mengurangi sampai 70% penyebaran dengan protokol 1 sampai 79% volume pun tidak bisa 100% tapi kalau 80% dapat mencegah sudah sangat bagus sekali,”Pungkasnya.(Said)***