PemerintahanRohil

Bantuan Dinas Perikanan Dan Kelautan Ke Kelompok Nelayan, Bupati Rohil Berharap Tingkatkan Lagi Kinerja Nelayan.

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Dinas Perikanan Dan Kelautan Rokan Hilir, menyerahkan bantuan Program Ikan Asin disejumlah kelompok nelayan BaganSiapiApi, salah satunya adalah berupa tong tong peredam ikan asin agar ikannya tetap segar yang sudah dibelah direndam menggunakan air garam, lalu di masukan kedalam tong.

 

Penyerahan program ikan Asin itu kepada kelompok nelayan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Kabupaten Rokan Hilir, H Suyatno Amp Didampingi Kepala Dinas Perikanan Muhammad Amin beserta rombongan lainnya Rabu 06 Mei 2020.

 

Dalam Kesempatannya, Kepala Dinas Perikanan Dan Kelautan Rokan Hilir, Muhammad Amin, mengatakan, tong tong yang dibantu untuk kelompok nelayan itu ada yang seribu liter, ada yang lima ratus liter dan ada yang tiga ratus liter.

 

“Itu sesuai dengan segala usahanya, jadi kalau gudang yang lebih besar nanti dia dapat seribu liter, kalau dia usahanya masih kecil tiga ratus atau seratus liter maksudnya pakai tiga ratus buah kemudian ada lantai jemurnya, jadi karena hasilnya sudah direndam kedalam tong tadi, untuk dijemur,”Katanya.

 

“kita selama ini kan dapat rumahnya seperti cacak kayu, kita bantu agar lebih lebih bersih lebih rapi lebih indah, ini namanya kami mau perikanan sistem rantai dingin sistem rantai dingin itu artinya setelah ikan ditangkap di laut itu akan mati. sementara setelah lain tidak langsung pulang ke darat dia masih melakukan penangkapan ikan makanya butuh dia es batu kalau umpama dia pabrik, pabrik itu pertama biayanya besar pengadaan pabrik yang kedua biaya operasionalnya juga besar,”Lanjut Dia.

 

Amin mengaku, belakangan ini banyak masyarakat lebih praktis dan lebih simpel menggunakan freezer yang kecil kecil, pertama harganya mungkin lebih murah kemudian operasionalnya lebih murah lebih terjangkau sama nelayan, kemudian ada juga diserahkan alat pengolah untuk bikin kerupuk ikan dan untuk bikin kerupuk udang.

 

“itu seperangkat alat macam macam, pokoknya ada untuk pemenang untuk yang dapat jumlahnya itu kalau yang tengah merendam ikan asin ada empat puluh unit yang alat pengolahan kerupuk itu satu paket tadi, satu paketnya banyak macamnya kemudian ada untuk pengolah produk perikanan ada satu paket lagi untuk anggotanya sepuluh orang yang pertama tadi, dua puluh orang kemudian sepuluh orang yang di serahkan bantuannya ada sarana pendingin,”Tutupnya.

 

Sebelumnya Bupati Kabupaten Rokan Hilir H Suyatno Amp menjelaskan bahwa ia diundang kepala dinas perikanan untuk menyerahkan bantuan kepada kelompok nelayan.

 

“banyak sekali bantuan ini keluar ya, tempat jemur ikan asin, mengolah ikan asin banyak sekali dan saya melihat saya tanya satu satu sama ketua kelompok alhamdulillah sangat senang sekali bantuannya di berikan oleh pemerintah terhadap kelompok kelompok nelayan kita ini,”Kata Bupati.

 

harapan kita lanjut Bupati, pertama tingkatkan kinerja mereka, alhamdulillah mereka bisa menyerap tenaga kerja berarti sudah bisa membantu pemerintah daerah dalam mengurangi angka pengangguran.

 

Menurutnya, yang keduanya bagi yang sudah diterima bantuan itu dijaga dengan baik baik dan dirawat, karena juga nantinya pembeli dari apbd uang rakyat,  tentu saja dikembalikan juga kepada rakyat untuk mengolahnya.

 

“sekali lagi terima kasih banyak kepada dinas perikanan yang telah peduli terhadap kelompok kelompok nelayan yang ada di kabupaten rokan hilir ini, baru pertama kali kita serahkan, nanti, besok ada juga kita bantu, daerah lainnya”Pungkasnya.(Said)***