PendidikanRohul

TNI AD Koramil 10 Kunto Darussalam Gencar Lakukan Pembinaan Teritorial Di Sekolah.

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI – AD) Kodim 0313/KPR menggencarkan pembinaan teritorial dengan cara memberikan materi wawasan kebangsaan kesekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

Seperti jajaran Koramil yang memiliki wilayah teritorial di Rohul mulai dari Koramil 02 Rambah, Koramil 08, Koramil 11, Koramil 13, Koramil 14 ikut menjalankan prongram dari Komando atas.

Saat ini seperti yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 10 Kunto Darussalam Serda Masdanora juga melakukan kegiatan pemberian materi wawasan kebangsaan di Sekolah SDN 014 Desa Bukit Intan Makmur Kabupaten Rokan Hulu.Rabu (30/01/2019) Pagi

Digelarnya Kegiatan tersebut, bertujuan untuk membangkitkan rasa patriotisme dan bela negara di kalangan pelajar.
“Kita tau, wawasan kebangsan itu cara pandang mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dan sikap bangsa Indonesia dan lingkungannya”, Hal ini di sampaikan oleh Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin, S IP, MI Pol melalui Babinsa Koramil 10/Kds Serda Masdanora.

Lebih lanjut dikatakanya “ dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat”, imbuhnya.

Dapat diketahui, Pendidikan wawasan kebangsaan ini sangat penting karena materi yang disampaikan juga mengikuti era yang sedang berkembang baik itu potensi negara Indonesia hingga berbagai bentuk ancaman yang dihadapi.

“Pemberian materi pembahasan tentang wawasan kebangsaan ini kita lakukan ke para murid SDN 014. Materi yang disampaikan terkait nasionalisme, pancasila, UUD 45 Serta semangat juang Bangsa selain itu juga saya selipi tentang dampak kenakalan remaja yang akhir akhir ini marak terjadi”, ujar Serda Masdanora.

Menurutnya, pembekalan mental siswa diperlukan dalam menghadapi pengetahuan tentang kebangsaan dan cinta tanah air agar mereka kelak dapat menjadi putra dan putri bangsa yang turut ikut membangun bangsa ini.

“Sejak dini wawasan kebangsaan dapat dibekali terhadap murid-murid disekolah. Pembekalan yang didapatkan berupa materi tentang sejarah, karakter, dan serta membantu dalam proses belajar mengajar para siswa,” pungkasnya.

“Pemberian wasbang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dalam belajar serta pengetahuan tentang sejarah. Di antara pengetahuan sejarah bagaimana cara hidup sesuai berbhineka tunggal ika dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila”, tutupnya.
*** ( Alfian Tob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *