Hukum&KriminalRohulSosial&Budaya

Peringati Hari Lahir Pancasila Ke 73, Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian Berikan Santunan Ke Panti Asuhan

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Dalam Rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ke 73 tahun 2018, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pasir Pengaraian menggelar Upacara, yang dipusatkan dihalaman Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian, Jum’at (1/6/2018).

Dalam Upacara bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila itu berjalan dengan lancar dan seluruh peserta Upacara terlihat hikmat meski menjalankan ibadah puasa Ramadhan, pada upacara itu juga diikuti oleh Pejabat Struktural, Petugas Lapas, CPNS dan perwakilan narapidana yang tergabung dalam Pramuka, Santri Napi, Wanita dan perwakilan kamar.

Kalapas Kelas IIB Pasir Pengaraian Muhammad Lukman AMd Ip SH MSi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, sekaligus membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilali-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Karena Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

“Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong,” harap Jokowi dalam Sambutan yang dibacakan Kalapas Pasir Pengaraian

Dalam sambutan itu lagi, Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus kita lakukan. Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program pembangunan. Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

Dengan mengusung tema“Kita Bersatu, Kita Berbagi, Kita Berprestasi” untuk Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur, Upacara hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momentum untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Usai menggelar Upcara Peringatan Hari Lahir Pancasila dilanjutkan dengan Sosialisasi dan Informasi hasil kunjungan kerja Dirkamtib. Selain itu, sebagai bentuk kepedulian dan saling berbagi dibulan Suci Ramadhan, Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian juga memberikan santunan ke Panti Asuhan Budi Mulia, Kecamatan Rambah. Kedatangan Kalapas yang didampingi beberapa pejabat struktural dan petugas pun disambut hangat pengurus panti.

“Dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila ke 73, apalagi ini bulan suci Ramdhan, kami  ingin bersilaturahmi, berbagi dan memberikan santunan ke Panti Asuhan Budi Mulia ini sebagai bentuk keikhlasan dan kepedulian kami untuk saling berbagi,” kata Kalapas M. Lukman

M. Lukman berharap bantuan yang diberikan tersebut dapat bermanfaat bagi anak-anak yatim di Panti Asuhan Budi Mulia. Selain itu dirinya juga berpesan pada anak asuh panti asuhan agar selalu bersyukur dan menggunakan waktu yang sebaik baiknya untuk menuntut ilmu agar menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan negara.

Diakhir kunjungan, rombongan Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian beserta seluruh pengurus dan anak asuh Panti Asuhan Budi Mulia foto bersama usai penyerahan santunan secara simbolis oleh Kalapas Kelas IIB Pasir Pengaraian Muhammad Lukman AMd Ip SH MSi kepada pengurus panti asuhan. Selain itu, Kalapas juga mengajak anak-anak Panti Asuhan mengucapkan yel-yel sesuai dengan tema Hari Lahir Pancasila ke 73 Tahun 2018 “Kita Pancsila, Kita Indonesia, Kita Bersatu, Kita Berbagi, Kita Berprestasi”. ***‎(Alfian Tob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *