PemerintahanRohul

Pemdes Sialang Jaya Gelar MTQ Tingkat Desa Ratusan Warga Meriahkan Pawai Ta’aruf

ROKAN HULU, Riauandalas.com –Pemerintah desa (Pemdes) Sialang Jaya Kecamatan Rambah menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat desa. Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan pawai Ta’aruf yang diikuti seluruh warga setempat. Kepala desa (Kades) SialangJaya Yuherman Daulay, mengatakan, kegiatan MTQ ini merupakan kegiatan perdana yang digelar di desa Sialang Jaya. Ini selaras dengan program pendidikan daerah, khususnya dalam mendukung serta mensukseskan sejumlah program keagamaan yang digulirkan Bupati Rohul H.Sukiman.‎

Kades Sialang Jaya Yuharman mengatakan “Melalui kegiatan MTQ tingkat desa, kita ingin mengkampanyekan pula program Magrib mengaji. Saya bersyukur kegiatan MTQ ini mendapat dukungan penuh dari seluruh masyarakat,” kata Yuharman, kepada Media ini, Senin, (09/04/18).

Sementara, Ketua Panitia, Amrul Daulay menjelaskan, dalam MTQ tersebut cabang yang akan diperlombakan, antara lain Tilawah anak anak dan Remaja kemudian Tartil anak anak dan Remaja , selanjutnya pidato Cilik (Pidacil) dan Pidato Remaja serta Rebana Dua Desa yakni antara Desa Sialang Jaya dan Desa Rambah Tengah Barat (RTB) Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu.‎”Katanya”

Hadir dalam kegiatan pembukaan MTQ Tingkat Desa ke I tahun 2018 tersebut Camat Rambah Muhammad franovandi SIP, Msi Kapolsek Rambah AKP Hermawan kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rambah Rachman Jailani Msi.dan para ulama, tokoh masyarakat serta ratusan warga desa setempat tumpah ruah untuk menyemarakan Pawai Ta’aruf tersebut.

Dalam Sambutannya Camat Rambah berharap, melalui festival MTQ ini semoga pengetahuan yang diperoleh dapat diamalkan dalam kehidupan sehari – hari dan anak anak juga tidak akan mudah terpengaruh dengan Modernisasi. Dengan digelarnya Kegiatan i‎ni anak anak kita akan menjadi lebih berakhlak melalui dasar Al – Qur’an dan dijadikan sebagai ajang penuh makna dan bermanfaat.

Selain itu, juga sebagai ajang untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT serta sebagai salah satu upaya dalam mendekatkan dan mencintai kitab suci Al-Qur’an. “Bukan hanya sebagai ajang mempertunjukkan kemahiran, tetapi lebih dari itu sebagai upaya mendekatkan serta mencintai Al-Qur’an. Kegiatan ini juga merupakan upaya Desa membantu pemerintah untuk menjaring bibit – bibit sebagai Qori dan Qoriah pembaca dan penghafal Al – Qur’an”ujarnya.

Camat juga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut bahkan Pihaknya akan memberikan Sertifikat penghargaan kepada kepala desa ‎yang telah melaksanakan MTQ di tingkat desa” Pungkasnya”

*** (Alfian Tob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *