Bisnis&EkonomiRiau

Penyaluran Kredit Mikro Kecil BRK Capai Rp1,8 Triliun

Dr Irvandi Gustari
Dr Irvandi Gustari

PEKANBARU, Riau Andalas.com –  Penyaluran kredit Mikro kecil Bank Riau Kepri terus menujukan perkembangan baik.

Sesuai data Bank Riau Kepri penyaluran kredit Mikro kecil sudah mencapai Rp1,8 Triliun dari 25, 675 kreditur yang tersebar di dua Provinsi yaitu Riau dan kepulauan Riau (Kepri).

Direktur Utama Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari, mengatakan semenjak ditunjuk oleh beberapa lembaga termasuk pemerintah untuk menyalurkan kredit berbunga rendah tersebut. Bank Riau Kepri terus berupaya untuk meningkatkan pengembangan pada tingkat lebih baik. Dimana Bank Riau Kepri optimis melalui penyaluran kredit mikro kecil ini akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat kedepan, meskipun perekonomian saat ini tidak stabil.

“Bunga yang diberikan hanya 9 persen, sedangkan untuk proses tidak sulit, sehingga masyarakat bisa berurusan dengan gampang,” kata Irvandi.

Dijelaskanya, Bank Riau Kerpi tidak hanya menyalurkan kredit mikro kecil, tapi juga dana replanting sawit yang dikelola oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit yaitu lembaga yang dibentuk Kemenkeu untuk mendorong replanting perkebunan sawit di Tanah Air yang saat ini sudah ada beberapa perkebunan sawit yang mengajukan pada Bank Riau Kepri.

“Pengajuan itu sudah dalam proses berjalan, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa direalisasikan,” jelasnya.

Lebih jauh mantan Dirut Bank MNC Jakarta ini mengatakan, perkembengan penyaluran kredit sektor usaha mikro kecil saat ini jauh meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dimana tingkat perlambatan sangat kecil dibawah 1 persen. Sedangkan pelambatan tersebut karena dalam proses seperti proses debitur menyelesaikan pinjaman dan proses debitur baru sebagai nasabah kredit mikro kecil.

“Yang pasti Bank Riau Kepri optimis penyaluran kredit berjalan lancar, meski secara perlahan yang intinya sesuai pertimbangan kondisi berjalan,” tutur Irvandi. (Dri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *