PemerintahanRiau

Ciptada Riau Matangkan Perisapan WorkShop Internasional Pengembangan Pekansikawan

img_20161114_162314

PEKANBARU, Riau Andalas.com –  Tuntas selenggarakan road show keseluruh kabupaten kota yang terkait Pekansikawan. Ciptada Riau kembali gesah persiapan pembahasan Pekan Sikawan yang akan dilaksanakan Rabu 30 November depan.

Kegiatan yang diikuti 3 negara yaitu Jepang, Malaysia, Korea dan UNESCO tersebut, persiapanya sudah masuk pada tahap pemantapan bahan yang akan dibahas dalam Workshop. Diantaranya terkait potensi yang dimiliki masing-masing Kabupaten Pekansikawan. Seperti Siak yang menonjolkan daerah Wisata, Pekanbaru Jasa dan perdagangan, Kampar Pertanian dan Pelalawan Industri.

Menurut Kepala Dinas Ciptada Riau Dwi Agus Sumarno, kegiatan Workshop internasional pengembangan Pekansikawan tersebut, dalam rangka pengembangan Pekansikawan yang nantinya dapat digunakan sebagai pedoman pengembangan perkotaan yang tergabung dalam Pekansikawan. Dimana tujuanya meningkatkan kesadaran akan pentingya pengembangan kawasan perkotaan yang terintergrasi dan berkelanjutan, dan juga menjelaskan kondisi wilayah (potensi dan tantangan) kawasan Pekansikawan dan aspek pengelolaan/governace saat ini. Serta masharingkan pengalaman kota lain baik nasional maupun internasional yag berhasil dikembangkan dengan konsep pembangunan terintergrasi dan berkelanjutan.

“Untuk sasaranya, terselenggaranya Workshop Internasional Pengembangan Pekansikawan kedepan,” katanya.

Adapun pembicara dari 3 negara tersebut jelas Dwi, adalah, Prof Ho Chian Siong Ahli low Carbon Development dari Jepang. Prof Dr Shahbaz Khan, Direktur UNESCO. Maimunah Syarif Walikota Perai-Penang, Malaysia dan Jungyun Kim ahli pengembangan kota Soul yang berkelanjutan dan hemat energi dari korea Selatan yang akan menjadi pembicara dalam kegiatan Worksop Pekansikwan.

Sedangkan untuk peserta, juga akan dihadiri oleh kementrian PUPR, kementrian Perhubungan, Kementrian ATR, Gunernur Riau, DPRd Riau dan kabupaten kota, Walikota se kabupaten Pekansikawan serta bidang terkait yang ada dilingkungan pemprov Riau. Termasuk Forkopimda Riau.

“Dalam kegiatan ini semuanya terlibat untuk kemajuan Pekansikawan kedepan, baik dari Pemerintah, Perwakilan Masyarakat, Swasta, Akdemisi, Asosiasi, Praktisi pembangunan baik dari nasional maupuninternasonal dan masyarakat lainya,” tutur Dwi berharap kegiatan kedepan berjalan lancar dan sukses demi menuju jatung kota Provinsi Riau Pekansikawan(dri)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *