PemerintahanPendidikanRiau

UN Dihapuskan, Kualitas Guru Ditingkatkan

Kadisdikbud Riau Dr H Kamsol MM saat meninjau pelaksanaan UN di beberapa SMP/MTs Pekanbaru
Kadisdikbud Riau Dr H Kamsol MM saat meninjau pelaksanaan UN di beberapa SMP/MTs Pekanbaru

PEKANBARU, Riau Andalas.com –  Pemerintahan daerah setujui penghpusan Ujian Nasional (UN) oleh Mendikbud Ri. Dimana program tersebut dinilai sudah berdasarkan pengkajian. Sehingga untuk pelaksanaan pemerintah Daerah mengikuti sesuai arahan dari kemendikbud.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Riau Dr Kamsol sebelumnya. Menurutnya untuk penghapusan UN tersebut Riau akan mengikuti arahan dan menyiapkan program untuk meningkatkan kualitas siswa dalam melaksanakan ujian di daerah.

“Untuk hal ini, kita tetap mengikuti dan menunggu kebijakan Kemendikbud kedepanya,” kata Kamsol.

Sedangkan terkait dampak positif dan negatif yang akan muncul dari ditiadakannya pelaksanaan UN, kata kamsol, sudah pasti dikaji pihak kementerian. Maka itu Disdikbud Riau menunggu aturan dan arahan kemendikbud sebagai berwenang dalam mempersiapkan metode dan mengukur prestasi siswa.

Disisi lain pengamat pendidikan Riau Zakiman, menyampaikan penghapusan UN itu juga ada baiknya terhadap siswa, karena tidak lagi menjadi momen beban dalam menghadapoi ujian.

Kendati demikian Pemrintah daerah juga harus menekankan program diantaranya dalam mempersiapkan ujian untuk siswa di daerah. Sehingga bukan berarti tampa UN tidak ada ujian siswa yang menentukan.

Selain itu katanya, untuk menuju pendidikan berkualitas tidak hanya pada pelaksanaan ujian, tapi juga berdasar pada mutu dan kualitas guru. Untuk itu pemerintahan Riau juga harus meningkatkan kualitas guru sesuai masing-masing bidang mata pelajaran yang harus menguasai dengan maksimal.

“Siswa hebat dan berkualitas itu juga tergantung pada guru. Dengan itu harus ada peningkatan untuk guru, baik dalam pelatihan maupun dalam meningkatkan pendidikan,” tutur mantan ketua PGRI pekanbaru ini. (Dri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *