INHILPemerintahanSosial&Budaya

Pasiter Kodim Inhil Beri Sosialisasi Program Pembentukan Satlinmas Di Tengah Masyarakat

photo-pasi-ter-memberikan-materi-kpd-linmas-3
TEMBILAHAN, Riau Andalas.com – Pasi Ter Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Iwan Andoko sebagai nara sumber memberikan pembekalan dalam rangka Kegiatan Pelatihan Linmas Se Kec. Tempuling Kab. Inhil dengan materi “Sosialisasi Program Pembentukan Satlinmas Di Tengah Masyarakat” bertempat di Kantor Aua Kantor Camat Tempuling Kelurahan Sungai Salak Kecamatan Tempuling.
Pasi Ter Kodim 0314/Inhil Kapten Iwan Andoko menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa Undang-Undang RI No. 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah dn peraturan
pemerintah No. 6 tahun 2010 tentang Satpol PP, mengamanatkan bahwa Linmas merupakan urusan yang menjadi kewenangan Pemda baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, maka peran Satlinmas mempunyai posisi yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan di daerah.
Masalah Kamtibmas merupakan suatu kebutuhan dasar masyarakat dalam melaksanakan aktifitasnya sehari-hari, masyarakat sangat mendambakan adanya keyakinan akan aman dari segala bentuk perbuatan, tindakan dan intimidasi yang mengarah dan menimbulkan hal-hal yang akan merusak tatanan kehidupan bermasyarakat yang dilakukan oleh orang-perorangan atau pihak-pihak tertentu lainnya. Sosialisasi yang komprehensif dan menyentuh aspek-aspek sosial masyarakat perlu ditingkatkan lagi, mengingat tupoksi Linmas tidak hanya sekedar melakukan siskamling dan ronda bergilir saja tetapi menjaga Kamtibmas di lingkungannya yang merupakan tanggung jawab warga Negara Indonesia secara keseluruhan.
Linmas sejatinya hanya merupakan perangkat yang mendapat mandat tugas dan tanggung jawab terhadap permasalahan tersebut sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam menjaga dan menata Kamtib dilakukan secara bersama oleh masyarakat dengan di motori oleh Linmas selaku perangkat desa.
Lebih lanjut Kapten Inf Iwan Andoko mengatakan kewaspadaan dini sangat penting dilakukan untuk mewujudkan keamanan lingkungan, karena terwujudnya keamanan lingkungan akan lahir keamanan Wilayah dan Nasional kewaspadaan dini dimulai dari lingkungan terkecil, diperlukan untuk mendeteksi secara awal kemungkinann adanya Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT), ini hanya bisa diwujudkan jika ada partisipasi atau keikutsertaan masyarakat. Satlinmas merupakan tugas mulia yg harus di emban dgn sebaik-baiknya sbg wujud syukur atas kepercayaan yg diberikan oleh pemerintah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *