Zoel:Mengimbau agar tidak Memberikan Santunan kepada Gepeng di jalanan

example banner

PEKANBARU (riau andalas.com) – Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pekanbaru akan menertibkan gelandangan dan pengemis di bulan Ramadan.

Disampaikan Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Kakan Satpol PP) Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, di bulan Ramadan, banyak gelandangan dan pengemis (Gepeng) musiman di Pekanbaru.

Penertiban gepeng yang akan dilakukan Satpol PP Kota Pekanbaru melibatkan Dinas Sosial (Dissos) Kota Pekanbaru. “Kami akan lakukan penjagaan dengan menempatkan personel di beberapa titik, seperti Simpang Lampu Merah, perumahan dan lainnya,” ujar Zulfahmi Adrian yang disapa akrab dengan panggilan Zoel ini.

Tindakan yang dilakukan terhadap gepeng, ujar Zoel, tidak sampai dengan pengurungan badan. Sebab, dalam menjalankan tugasnya, selama ini Satpol PP mengedepankan tindakan secara profesional, tegas dan santun.

Satpol PP Kota Pekanbaru dalam hal ini, menjalankan tegakknya Peraturan Daerah (Perda) dan diharapkan dengan razia akan tercipta ketertiban dan kenyamanan masyarakat. Zoel mengimbau agar masyarakat tidak memberikan santunan kepada gepeng di jalanan.

“Salurkanlah santunan ke tempat yang memiliki kewenangan untuk menyalurkannya ke masyarakat. Misalkan saja, masjid dan lembaga resmi agar santunan yang disumbangkan benar-benar dirasakan oleh mereka yang membutuhkan, misalkan fakir miskin, anak yatim dan sebagainya,” imbau Zoel. (des)