Stadium Termegah di Inggris

Tidak ada komentar 901 views

INGGRIS(RA)Membicarakan fungsi stadion sepakbola, yang terlintas tentunya adalah untuk menggelar pertandingan sepakbola saja. Dengan perpektif semacam ini, maka setiap kesebelasan yang bermain di stadion (entah sebagai pemilik maupun penyewa) akan mendapatkan uang dari tiket pertandingan, setidaknya satu atau dua pekan sekali, atau bahkan bisa saja dua kali dalam satu pekan jika kesebelasan tersebut bermain kandang di tengah pekan dan akhir pekan secara berturut-turut. 

Jadi, kalau kita melihat nilai investasi sebuah stadion, kita bisa saja dengan entengnya berkata bahwa stadion adalah bisnis yang tidak menguntungkan. Bagaimana bisa, biaya yang sangat besar untuk membangun dan memelihara stadion tapi hanya dipakai paling banyak dua kali dalam satu pekan.

Lalu, kapan investor akan “balik modal”, alih-alih untuk kemudian mendapatkan keuntungan? Sangat panjang ….

Namun nyatanya, stadion modern saat ini sudah diidentifikasikan lebih daripada penggelar pertandingan olahraga saja. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan pemasukan berbasis harian, bukan lagi setiap satu atau dua pekan.

Ya, kenyataannya dalam investasi, stadion justru memiliki potensi komersial yang sangat tinggi.

Di stadion modern di Inggris maupun di Eropa, stadion bukan hanya menjadi tempat acara olahraga. Stadion juga bisa menjadi tempat parkir (jika stadion terletak di tengah kota), menyediakan restoran stadion, toko pernak-pernik resmi (megastore), tur stadion, museum kesebelasan, sampai bersedia untuk menyewakan stadion untuk konser, festival, dan bahkan acara olahraga lainnya.

Standar FIFA dalam mengatur penggunaan stadion

Dalam standar yang disusun oleh FIFA melalui “Football Stadiums: Technical recommendations and requirements”, ada standar tertentu dalam setiap pembangunan atau penyewaan stadion untuk dipakai dalam sebuah pertandingan sepakbola.

Secara jelas FIFA menyarankan stadion untuk bisa mengadakan acara olahraga lain dan juga acara hiburan yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat pemakaian dan juga keuangan.

Rekomendasi dari FIFA antara lain agar stadion bisa dipakai untuk keperluan lain yang berhubungan dengan si pemilik stadion (misalnya kesebelasan) dan juga lingkungan sekitarnya (misalnya untuk parkir atau disewakan untuk acara lain.(detik com)