Plt Gubri Tinjau UN Tingkat SMP

Tidak ada komentar 823 views
Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman, didampingi Kadisdikbud Riau Dr H Kamsol MM, Kepala Ombudsman Perwakilan Riau H Ahmad Fitri SE serta Kepala BPKP Perwakilan Riau Sueb Cahyadi Ak saat meninjau UN di SMPN 5 Pekanbaru Selasa (10/5)

Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman, didampingi Kadisdikbud Riau Dr H Kamsol MM, Kepala Ombudsman Perwakilan Riau H Ahmad Fitri SE serta Kepala BPKP Perwakilan Riau Sueb Cahyadi Ak saat meninjau UN di SMPN 5 Pekanbaru Selasa (10/5)

Pekanbaru, Riau Andalas.com--Hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat SMP/MTs, Plt Gubri H Arsyadjuliandi Rachman tinjau pelaksanaan UN dibeberapa SMP sederajat di Pekanbaru. Diantaranya, SMPN 5 Pekanbaru yang disambut lansung oleh Kepala Sekolah SMPN 5 Hj. Rosmawati SPd.

Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman, yang juga didampingi Kadisdikbud Riau Dr H Kamsol MM, Kepala Ombudsman Perwakilan Riau H Ahmad Fitri SE serta Kepala BPKP Perwakilan Riau Sueb Cahyadi Ak. Mengatakan penijauan tersebut lebih pada pelaksanaan UN yang diselenggarakan siswa saat ini, terutama terkait sistim dilapangan. Seperti pelaksanaan yang masih menggunakan sistim kertas. Dimana ia mengharapkan untuk saat ini siswa jangan melihat pada pelaksanaan UN, tapi keseriusan dalam mejalankan UN. Pasalnya, hasil UN itu merupakan kemampuan siswa dalam menuju pendidikan yang lebih baik kedepan.

“Kita berharap siswa, jangan hanya melihat pada proses pelaksanaan UN, tapi serius dalam mejalankan UN,” kata Plr Gubri yang akrab disapa Andi Rachman ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau Dr H Kamsol MM, menyampaikan, pelaksanaan UN yang sudah masuk hari kedua ini, masih berjalan lancar. Karena sampai saat ini pihak Disdikbud Riau belum ada menerima laporan kendala dari kabupaten kota. Sehingga ia mengharapkan hasil UN tingkat SMP ini sesuai dengan harapan.

“Kita berharap hasilnya UN tingkat SMP sederajat ini, mecapai 99,99 persen. Sehingga tingkat kelulusan bisa mencapai 100 persen,” harapnya.

Disisi lain ditempat uyang sama, Kepala Ombudsman Perwakilan Riau H Ahmad Fitri SE mengatakan, selaku pengawas pelaksanaan UN, sampai saat ini ia tidak ada menemukan permasalahan yang signifikan. Sehingga pelaksanaan UN untuk tingkat SMP sederajat yang sudah berjalan du hari ini dikategorikan berjalan lancar. “Mudah-mudahan hasilnya juga lancar sesuai keseriusan siswa dalam pelaksanaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 5 Hj. Rosmawati SPd menyatakan, kegiatan pelaksanaan UN yang diikuti oleh 237 siswa yang dibagi kedalam dua belas ruang ujian tersebut mengaku tidak ada kendala. Baik disegi lembaran soal maupun dalam pelaksanaan yang sampai hari kedua ini masih berjalan lancar.

“Alhamdulillah Pelaksanaan UN hingga hari ini aman dan lancar, dan target kita bisa lulus seratus persen dan mampu menjadi sekolah dengan integritas tinggi. Selaku pihak sekolah Kami memang selalu memberitahukan kepada anak- anak bahwa UN bukanlah faktor utama penentu kelulusan, ada penilaian secara akademik dan non akademik. Tapi kami tetap meyakinkan siswa untuk tetap serius. Karena UN untuk menentukan kelanjutan siswa ke sekolah yang lebih baik,” Ujar Rosmawati.