Pemisahan Dinas Kebudayaan Tunggu SOTK Baru

Tidak ada komentar 414 views
example banner

“Dewan sebut tahun 2017 mulai berjalan”

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Wacana pemisahan Dinas Kebudayaan dari Dinas pendidikan Riau, tunggu penerapan Satuan Organisasi Tata Kelola (SOTK) baru yang kembali ada perubahan dari Kemetrian Dalam Negri (Kemendagri). Dimana perunahan SOTK baru tersebut akan diterapkan tahun 2017 mendatang yang saat ini dalam pembahasan Perda oleh DPRD Riau.

Menurut Anggota DPRD Riau Aherson, sesuai perubahan satuan kerja oleh Kemendagri kedepan, pemisahan Dinas Kebudayaan dari Dinas Pendidikan Riau kemungkinan besar juga akan bergambung dengan bidang lain yang sejalan dengan kebudayaan. Karena tujuan perubahan Satker ini akan diterapkan sistim Type, seperti type A,B, dan C yang sistim kerjanya satu jalur dan satu urusan yang saat dalam pembahasan Perda oleh DPRD Riau.

“Saat dalam pembahasan pembuatan Perda perubahan itu. Akhir bulan ini sudah tuntas dan tinggal penerapan awal tahun mendatang. Untuk itu kemungkinan besar Kebudayaan juga sudah dibentuk,” kata Poltisi Demokrad ini.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman sebelumnya juga telah menyampaikan, jika perencanaan penggabungan dan pemisahan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, sudah dalam DPRD Riau. Termasuk pembahasan Dinas Kebudayaan Riau.

Pemisahan tersebut, jelasnya juga akan diikuti oleh beberapa SKPD lainya yang ada di Riau. Seperti Dinas Cipta karya yang kedepanya akan menjadi Type A,B dan C yang juga akan kembali jadi satukan dengan Dinas Bina marga. Begitu juga beberapa SKPD lainya yang akan digabung dan juga dipisahkan.

“Yang pasti kita berharap pembahasan dan pembuatan perdanya segera selesai. Sehingga tahun 2017 mendatang sudah bisa direalisaikan,” tutur Andi Rachman sapaan akrabnya. (Dri)