Korban Gempa Palu, Sigi Dan Donggala Banyak Yang Belum Dapat Bantuan.

example banner

SULTENG, Riauandalas.com – Ketua KNPI Provinsi Sulawesi Tenggah Mohammad Nurul Haq Meyesalkan Banyaknya Bantuan Untuk Korban Gempa dan Tsunami Di Palu, Sigi dan Donggala tidak terdistribusi secara baik dan merata.

Saat berada dilapangan Ketua KNPI Bersama Kepala Divisi Intevigasi LPI TIPIKOR RI Wilayah Sulteng Hentje Lukcy Waworudeng masih Banyak pengungsi yang tidak kebagian Bantuan “ Saya melihat cara pembagian bantuan yang kurang tepat,” Ungkap Ketua KNPI dengan Kepala Divisi Intevigasi LPI TIPIKOR RI Sabtu, ( 06/10/2018 )

,” Masa bantuan di turunkan secara Gelondongan di posko- posko pengungsi, lihat misalnya Beras masak di turunkan Perkarung, Mie Instan di turunkan Berkardus- kardus ,” Ungkap Ketua KNPI.

Seharusnya bukan di bagi – bagi terlebih dulu atau di buat dalam bentuk Paket,” Contohnya 1 kantong Plastik kresek di isi beras 3 Liter, Mie Instan 5 bungkus, Telur 5 Butir sehingga efektif, kalau secara Gelondongan macam nih..,” Mau berapa pun Gak akan ada cukup nya,” Ungkap Mohammad Nurul Haq.

Pembicaraan pun berlanjut,” kita lihat masih banyak pengungsi yang tidak terdata dan tersentuh bantuan karena mereka mengungsi di Areal Halaman depan rumah mereka Masing- masing mestinya ada tim yang bertugas khusus menyisir tempat tersebut misalnya Area Jalan Garuda, Area Tinggede yang deket dengan Palu, Tondo dan Mamboro.

Bantuan hanya terpusat pada posko- posko besar saja seperti Lapangan Walikota, Dinas Sosial, Bandara Udara, Halaman kantor sepanjang Jl. M. Yamin, Donggala Kodi, dan Balaroa, yang jumlah penggunsi nya lebih sedikit dibandingkan pengungsi yang ada di luar yang terpisah – pisah.

Seharusnya di buka Posko Relay di setiap area kemudian tim Relawan di tempatkan secara Propesional supaya Bantuan terdistribusi tepat pada korban gempa dan tsunami, Jadi kepada Para Relawan yang bukan Relawan Teknis seperti Tenaga Medis, dan Tenaga teknis lainnya dapat kiranya membantu untuk mengatur distribusi Bantuan Untuk para Penggunsi.” Ungkap Ketua KNPI

Pada intinya bantuan makanan dan minuman dapat di bagi Perpaket – Paket terlebih dahulu baru di distribusi Pada Penggunsi Kalau kita bicara kekurangan Tenaga Relawan Kita lihat Banyak Organisasi atau Ormas yang mau dan Siap Membantu ,” Semua orang mau membantu kok.., jadi Gak usah khawatir akan kekurang tenaga Relawan,” Ungkap Ketua KNPI Kepada Kepala Devisi Investigasi LPI TIPIKOR RI, Hentje Lucky Waworundeng. ( fendi / Waka )