Kemenpupera Bangun 47 Unit Rusun Untuk Anggota Polres Rohul

example banner

small_31rusun-polres-rohul

 

ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Sebanyak 47 unit Rumah Susun (rusun) untuk anggota Polri, dibangun pihak Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) di Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah, Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Dimana 1 tower blok Rusun untuk hunian 47 unit tiga lantai yang sudah dilengkapi fasilitas listrik, air bersih, furniture, termasuk tempat tidur, lemari, serta fasilitas lainnya, khusus untuk anggota Polri yang bertugas di jajaran Polres Rohul.

Itu dikatakan Kasatker Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dari Kemenpupera Erizal, MT saat peletakkan batu pertama pembangunan Rusun di Desa Sukamaju, Rohul, bersama Karo Faskon Assarpras Polri Brigjen Pol. Alfons Toluhula, Kapolda Riau Brigjen Pol. Supriyanto, Rabu (24/8/2016).

 

Terang Erizal, pembangunan 47 unit Rusun bagi anggota Polri, berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Perumahan Rakyat Program tahun ini.  Kemenpupera bangun 22 tower Rusun dengan tipe 36 di 20 lokasi atau daerah dengan jumlah hunian 1.034 unit.

 

Untuk di pulau Sumatera, ada 4 tower yang dibangun, termasuk di 1 tower di Rohul. Sedangkan untuk pulau Jawa ada 7 tower, yakni di Maluku 1 tower, Nusa Tenggara 2 tower, dan di Papua 1 tower Rusun. Sedangkan khusus untuk anggota Polres Rohul, nantinya Rusun dibangun tiga lantai dengan luas lokasi 2.000 meter persegi, dengan dana Rp. 11,44 miliar yang bersumber dari APBN 2016.

 

Pada pelaksanaan pembangunan Rusun, dikerjakan kontraktor pelaksana PT. Paesa Pasindo Engineering dan PT. Mintraplan Kons, selaku Konsultan Manajemen Konstruksi.

 

“Nantinya, cuma bawa koper saja Rusun sudah bisa langsung ditempati,” ungkap Erizal dan menyatakan Rusun disewakan, sedangkan pengelolaan dilakukan Polri.

 

Sementara itu, Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto menyatakan terima kasih ke pihak Menpupera Republik Indonesia, yang sudah membangun 47 unit Rusun untuk anggota Polres Rohul.

 

Dirinya berharap, Rusun dibangun di 12 kabupaten/ kota, sehingga seluruh anggota Polri yang sudah berkeluarga dan belum memiliki rumah, bisa tinggal di hunian dengan sewa murah.

 

Menurut Karo Faskon Assarpras Polri Brigjen Pol. Alfons Toluhula, bahwa pembangunan Rusun untuk anggota Polri di Indonesia merupakan pengajuan Polri ke Menpupera, dan baru terealisasi tahun ini. Pembangunan Rusun bagi anggota Polri di Provinsi Riau, baru dilaksanakan di Kabupaten Rohul. Dirinya juga berharap Rusun dibangun di seluruh kabupaten/ kota di Riau.

 

Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto mengaku, rusun tersbut nantinya diprioritaskan bagi anggota Polres yang sudah berkeluarga, namun belum memiliki rumah. Dirinya berharap, dengan adanya Rusun anggota Polres Rohul mempunyai kesempatan membangun rumah sendiri. Rusun tersebut juga diharapkan bisa tingkatkan kesejahteraan personil.

 

Kedatangan rombongan Kemenpupera bersama Perwira Mabes Polri, disambut Plt Bupati Rohul H. Sukiman, yang diwakili Sekda Rohul Ir. Damri Harun, bersama Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri, SH, Kabid Propram Polda Riau AKBP Pitoyo Agung Yuwono, Asisten II Bidang Ekbang Syaiful Bahri, dan sejumlah pejabat lainnya berada di lingkungan Pemkab Rohul. **( Alfian)