Dipuncak Peringtaan Hari Ibu ke 91,Pemkab Rohul Salurkan Alat Bantu ke Sejumlah Penyandang Disabilitas 

Teks Foto Bupati Rohul H Sukiman, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj Peni Herawati, Ketua Darma Wanita Persatuan Rohul, Ketua Bhayangkari Cabang Rohul, Ketua DPRD Rohul, Kabag Ren Polres Rohul, Danramil 02 Rambah, Kadis Sosial P3A, menyerahkan bantuan sosial kepada penyandang disabilitas.

PASIR PANGARAIAN- Pemkab Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Dinsos P3A),menyerahkan alat bantu kepada penyandang disabilitas di puncak peringatan Jari Ibu ke 91 tahun 2019.
Alat bantu itu diserahkan usai Upacara Peringatan Hari Ibu ke-91 di lapangan Kantor Bupati Rohul, Jumat (20/12/2019), dipimpin langsung oleh Bupati Rohul H Sukiman.
Upacara Hari Ibu tahun dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Rokan Hulu Hj Peni Herawati, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Rohul Hj Neti Herawati, Ketua Bhayangkari Cabang Rohul, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST, Kabag Ren Polres Rohul, Danramil 02 Rambah.
Upacara juga dihadiri para Asisten, Staf Ahli, Kabag, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), personel Polwan Polres Rohul, personel Satpol PP dan Damkar Rohul, para Camat,  ASN dan honorer Pemkab Rokan Hulu, kalangan ibu PKK dan DWP, serta pelajar SMA sederajat.
Bupati Rohul HmSukiman, membacaka pidato Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia I Gusti Ayu dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, dimana Hari Ibu dimaknai sebagai hari kebangkitan perempuan Indonesia, dan merupakan persatuan dan kesatuan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa.
Perempuan dinilai punya hak asasi sama dan integral dengan hak asasi manusia, sehingga perlu dipelihara kodrat, harkat dan martabatnya sebagai ibu bangsa yang telah berhasil membina keluarga harmonis dan sejahtera. Hal ini juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, terkait prioritas pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.
Bupati juga mengatakan, sesuai arahan Presiden Jokowi, setidaknya ada lima isu prioritas yang harus dilakukan dalam mewujudkan pemberdayaan perempuan, sesuai tema peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019, yaitu Peningkatan Pemberdayaan Perempuan dalam Kewirausahaan.
“Kemudian, Peningkatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak, Penurunan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, Penurunan Pekerja Anak dan Pencegahan Perkawinan Anak,” sebut Bupati Sukiman.
Di akhir upacara Hari Ibu ke-91, Bupati Sukiman, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Peni Herawati, dan pejabat Forkompinda menyerahkan bantuan sosial kepada penyandang disabisilitas, berupa kaki palsu, kursi roda, tongkat dan alat pendengar.
Bupati Sukiman juga menyerahkan beberapa penghargaan prestasi ke Desa Rambah Utama, Kecamatan Rambah Samo, sebagai juara pertama di Lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Riau. Sedangkan Kecamatan Kepenuhan Juara III untuk Lomba Kecamatan Sayang Ibu tingkat Provinsi Riau.
Sementara itu dikatakan Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Peni Herawati berpesan agar penerima penghargaan prestasi tetap meningkatkan prestasi dan kualitas kerja terhadap pelayanan masyarakat. Sedangkan kepada penerima bantuan sosial, diharapkan alat bantu yang diberikan bermanfaat dalam mendukung aktivitas sehari-hari.
Peni mengharapkan, di peringatan Hari Ibu ke-91 tahun ini, diharapkan adanya peningkatan sumber daya manusia agar kaum perempuan bisa setara dengan kaum pria dalam mensejahterakan keluarganya.
“Sehingga keluarga kita menjadi keluarga yang sejahtera, sakinah, mawadah dan waromah,” Peni Herawati.
Seorang penyandang disabilitas asal Desa Rambah Tengah Hulu, Kecamatan Rambah,‎ mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemkab Rohul yang tetap memperhatikan mereka.
“Terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Bupati Sukiman, dan Pemkab Rohul,” ungkap Anggun.(Adv/Pemkab Rokan Hulu)