KesehatanPemerintahanRohul

Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Puskemas Rambah Samo II

ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang Prima dan terbaik bagi masyarakat, Puskesmas Rambah Samo II‎ kini terus melakukan berbagai pembenahan di berbagai bidang. Saat Puskemas Rambah Samo II yang sudah memiliki Ruangan rawat inap, keberadaan nya sangat dirasakan oleh masyarakat di Lima desa yang berada di wilayah kecamatan Rambah Samo.

Puskesmas ini terlihat megah dan di layanani secara prima dengan jumlah Bidan 29 termasuk bides perawat 10 orang dan dokter jaga 1 orang dokter umum  2 untuk di IGD satu orang dan satu lagi Di Poli , dengan pelayanan yang dianggap baik itulah Puskesmas Rambah Samo II ini diberi penilaian oleh masyarakat setempat sebagai Rumah Sakit (RS), karena Masyarakat Menilai pelayanan nya  yang diberikan oleh Puskesmas tersebut sangat Prima hal ini di utarakan oleh beberapa pasien dari Desa Karya Mulia, kepada Wartawan kamis (02/11/17)

Mulyono, mengatakan dirinya lebih memilih berobat di Puskesmas Rambah Samo II ketimbang ke Rumah sakit umum daerah (RSUD) Pasir Pangaraian. Karena, berobat di Puskesmas pelayanannya sama baiknya dengan RSUD bahkan lebih nyaman, sehingga dirinya menganggap Puskesmas Rambah Samo II ini seperti RSUD. Selain itu, tempatnya mudah di jangkau krena dekat dengan desa mereka.

“Di sini nyaman, kami juga dilayani dengan baik. Bahkan bagi kami yang kurang mampu seperti ini, bisa berobat hanya dengan menunjukan Kartu keluarga (KK) dan KTP saja,” katanya.

Seorang pasien yang sedang menjalani Rawat inaf M.Syiam (36) warga Rambah Samo yang juga dirawat di ruang rawat inap mengakui, bahwa pelayanan yang diberikan puskesmas Rambah Samo II sudah sangat baik, bahkan sudah seperti RS saja.

“Memang bagus pelayanan nya disini, makanya kami lebih memilih berobat disini,: sebutnya.

Kepala Puskesmas Rambah Samo II drg. Hj. Nurhijriati  ‎mengaku, dirinya senang mendengar kepuasan pelayanan yang diberikan oleh pihaknya ke para pasien yang berobat, di puskesmas yang dipimpinya.

Diakuinya, bahkan banyak masyarakat yang memilih berobat di Puskesmas Rambah Samo II ketimbang di Rujuk ke RSUD. Saat ditanya alasanya, para pasien mengaku mereka lebih nyaman disini dan berobat disini masih bisa menggunakan KK dan KTP bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Saya juga heran, banyak pasien yang tidak mau dirujuk ke RSUD padahal disanakan lebih lengkap peralatan medisnya, bahka mereka lebih memilih berdesak-desakan dirawat inap yang ada disini,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskanya, saat ini pihaknya kekurangan Ruang rawat inap, pasalnya ruang Rawat inap yang ada di sini sudah tidak lagi cukup menampung pasien yang mau dirawat inap.

Nurhijriati mengaku, saat ini ruangan rawat hanya dapat menampung 14 pasien, dan itupun sudah maksimal, sedangkan setiap harinya pasien yang mau dirawat inap selalu bertambah. Termasuk, sudah ada Intalasi Gawat Darurat (IGD) serta ruang bersalin, dan poli.

“Kami berharap, agar pemkab Rohul bisa membantu membangun ruang rawat inap tambahan untuk menampung para pasen rawat inap, paling tidak 2 ruangan lagi,” harapnya.

Katanya lagi, pelayanan puskesmas yang dipimpinnya mencakup lima desa yang ada di Rambah Samo, yakni Desa Rambah Utama, Karya Mulya, Pasir Makmur, Masda Makmur dan Rambah Baru. Meskipun mencakup lima desa, puskesmas tetap menerima pasien dari desa lainnya dari Kecamatan Kepenuhan Hulu dan desa tetangga lainnya.

“Memang banyak pasien dari kecematan Kepenuhan dan Rambah Hilir, alasan mereka karena jaraknya dekat dan pelayanannya bagus,” terangnya. *** (Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *