INHUPemerintahanRiau

Program Persawahan yang ada di Desa Petalongan Gagal total .

RENGAT, Riau Andalas. com – Program Pertanian yang direncanakan sejak dari Tahun 2013 sampai saat ini tidak membuahkan hasil ,demikian disampaikan oleh salah seorang perangkat Desa yang minta nama nya tidak ditulis dan berinisial E ,dia mengatakan kalau semua bantuan yang diserahkan ke Desa Petalongan Kecamatan Pasir Penyu bail dari Provinsi dan Kabupaten seluruh nya sampai ke Desa ,tapi kalau Volume nya kita kurang mengetahui nya tapi bahan bahan nya seperti Pupuk dan Bibit sudah diterima Desa ujar nya .

Namun hingga sekarang belum ada bukti nya ,padahal menurut informasi yang diterima bahwa Desa Petalongan dari Kecamatan Pasir Penyu akan dijadikan sebagai percontohan untuk Persawahan Masyarakat umum nya untuk Kabupaten Indragiri Hulu selain Desa Kelayang Kecamaatan Rakit Kulim dan di Desa Kuala Cinaku Kecamatan Kuala Cinaku Kabupaten Indragiri Hulu .

Dia menambah kan ,kalau memang Pemerintah akan meningkat kan produksi Pangan ,seperti Padi Sawah dan Padi Gogo seyoganya harus memberikan pengetahuan pengetahuan kepada Masyarakat yang benar benar bersedia dan iklas menjadi seorang Petani ,jangan lah Pemerintah memberikan kepada Masyarakat yang tau nya hanya bilang mau dan bisa ,bila  perlu kalau memang ada Penyuluh Pertanian ,dibuatkan Kantor sekalian dengan tempat tinggal Penyuluh di Desa Percontohan itu ,seperti yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan kalau disetiap Desa dibangun Pustu untuk Bidan Desa ,agar para Ibu Ibu Hamil dapat perawatan yang baik ,kenapa Dinas Pertanian tidak mau melakukan itu tanya dia dengan beberapa Warga yang ada.

Karena bisa dilihat ,hampir setiap Tahun dianggar kan untuk meningkat kan Produksi Pajale ( Padi , Jagung dan Kedelai ) tapi mana bukti nya ,Masyarakat Kabupaten Indragiri Hilu umum nya masih mendatang Beras dari Daerah lain ,sementara Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu setiap Tahun nya mengeluarkan Dana APBD Kabupaten mencapai Milliyaran rupiah belum termasuk bantuan dari Provinsi dan Pusat .

Termasuk di Desa Petalongan Kecamatan Pasir Penyu ini ,Kepala Desa silih berganti yang sebelum menjadi Kepala Desa mengatakan ,akan mengutamakan kepentingan Masyarakat ,dan apabila nanti nya ada bantuan ke Desa bauk daei Kabupaten ,Provinsi dan dari Pusat akan melakukan rapat dulu dengan Warga ,agar bantuan itu tepat sasaran itulah awal nya .

Namun setelah terpilih menjadi Kepala Desa ,seperti nya lupa akan hal itu ,Kepala Desa sudah sibuk dengan kepentingan yang lain ,seperti sekarang setiap Desa sudah mendapat yang nama nya ADD ( Alokasi Dana Desa ) ada yang dari Pusat dan ada yang dari Provinsi yang jumlah lah sangat lumayan.

Jadi dia berharap ,sebagai salah seorang perangkat Desa di Desa Petalongan , tolong lah dilihat ,diperiksa dan dinilai ,apakah semua bantuan yang diberikan ke Desa Petalongan itu tujuan nya untuk mensejahterakan Masyarakat atau untuk Desa saja ? ,kalau untuk Desa saja yahk berarti tidak untuk Masyarakat tapi hanya untuk orang orang tertentu saja ujar nya .

Seperti yang terjadi sekarang ini ,sejak tahun kemaren satu unit Alat Berat salah seorang Kontraktor masih terendam ,belum dapat dikeluarkan ,tak tau penyebab nya ,jadi kami sampai kan sekarang, bahwa yang rencana nya Desa Petalongan untuk Percontohan Pertanian untuk Persawahan bisa dibilang Gagal Total ujar nya di.** js .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *