Berita utamaPekanbaruPemerintahan

Pemko Pekanbaru Siap Berkolaborasi Terkait Pengembangan Kacang Hijau Varietas Srikandi dan Asri

PEKANBARU,Riauandalas.com – Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun Sstp Map menghadiri rilis Kacang Hijau Varietas Srikandi dan Asri di Fakultas Pertanian Universitas Riau (Unri), Jalan HR Soebrantas Km 12,5, Kota Pekanbaru, Senin (6/11/2023)

Sebagai informasi, Kacang Hijau Varietas Srikandi yang dikembangkan oleh Civitas Akademika Universitas Riau ini, program pemuliaannya telah dimulai sejak tahun 2008 lalu dengan mengkoreksi forgeni asal Kampar. Selanjutnya, KFJD Genetika Jurusan Biologi Unri terus menyempurnakannya sehingga memperoleh data terbaik LD50 pada tahun 2014.

Adapun kelebihan varietas Srikandi antara lain, pokok pendeh rendah, bungak banyak, panjang potong 20 sentimeter, bilangan biji mencapai 22, biji besar, tahan virus dan bisa mencapai 3 ton panen dalam 1 hektare lahan.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun mengapresiasi apa yang telah dilakukan civitas akademi Unri dalam mengembangkan sektor pertanian di Kota Pekanbaru. “Semoga pengembangan varietas Srikandi dan Asri berhasil, sehingga Pekanbaru juga mempunyai ciri khas dalam sektor pertanian. Terimkasih kepada civitas akademika Unri yang telah berhasil merilis Kacang Hijau Varietas Srikandi dan Asri,” ucap Muflihun.

Kedepan, Pemko Pekanbaru berencana untuk berkolaborasi dengan pihak Unri untuk memproduksi kacang hijau varirtas baru ini. “Misalnya Pemko siapkan lahan, pihak Unri pengelolanya. Sehingga kerjasama ini diharapkan mampu menekan inflasi di Kota Pekanbaru,” sebut Pj Wali Kota.

Menurutnya, jika kacang hijau juga mempunyai zat karbohidrat. Sehingga jika diteliti serius oleh ahlinya, tentunya ini menjadi solusi ketika harga beras melambung tinggi.
Muflihun juga terus mendorong pihak perguruan tinggi untuk terus berinovasi dalam mengembangkan sektor pertanian di Kota Pekanbaru. Hal ini untuk menguatkan cadangan pangan dan menekan inflasi di Kota Pekanbaru.

sumber setdako.pekanbaru.go.id