Berita utamaInternasional

Jemaah Haji Riau, Yeni Artati binti Raja Yoesoef, Meninggal di RS. Al Noer Makkah

MAKKAH,Riauandalas.com-“Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Telah berpulang kerahmatullah Yeni Artati binti Raja Yoesoef (63 Th). Di Rumah Sakit Al-Noer Makkah. Jemaah Haji Kloter BTH – 13 tersebut berasal dari Muara Lembu Kab. Kuantan Singingi”. Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr. H. Mahyudin, MA dari Kota Makkah, Ahad siang (18/6/23) Waktu Arab Saudi.

Jemaah dengan No. Porsi 400084210 dirujuk ke RS. Al Noer Makkah pada tanggal 16 Juni 2023 karena penurunan Kesadaran akibat penyempitan saluran pernafasan karena infeksi paru. Tambah Ketua Kloter BTH – 13 Riko Pilihantoni.

Almarhumah yang berangkat bersama suami Mastur Angan Kamil pada tanggal 1 juni 2023 tersebut akan dimakamkan di Makkah.

“saat ini kami masih menunggu pihak Maktab membawa kami ke RS untuk penandatanganan berita acara kematian dan persetujuan penyelengaaraan jenazahnya”. Tutur Riko didampingi Petugas Kloter lainnya.

Mahyudin mengatakan, sudah dua orang jemaah Riau meninggal di Kota Makkah. “saya selaku Pribadi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau dan Pantia PPIH Embarkasi Haji Antara Riau menyampaikan duka cita yang mendalam, Semoga Almarhumah Allah ampuni dosa-dosanya, dilapangkan alam kuburnya dan ditempatkan kelak di Jannah-Nya dan keluarga besar yang di tinggalkan tetap diberikan ketabahan, kekuatan dan kesabaran”.

Ka. Kanwil juga mengatakan bagi jemaah yang meninggal sebelum pelaksanaan puncak haji, petugas akan melaksanakan badal hajinya.

Mahyudin juga mengatakan Wukuf di Arafah, bermalam di Muzdalifah dan Mina, melempar jumrah, tawaf Ifadah merupakan rangkaian puncak haji yang akan banyak menguras energi jemaah. Pada tahun 2023, populasi jemaah lanjut usia (lansia) mencapai 30 persen lebih disertai jemaah kategori risiko tinggii (risti), dan penyandang disabilitas.

“saya berharap, menjelang puncak haji, para jemaah lansia, risti dan penyandang disabilitas tidak memaksakan diri melaksanakan ibadah-ibadah sunnah yang menguras tenaga, seperti umrah sunnah berkali-kali. Ada berbagai rukhsah atau keringanan ibadah yang bisa di manfaatkan jemaah untuk mencegah timbulnya mudarat”.

Adapun jemaah haji Riau yang meninggal menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji :
– Subani Firdaus Samad Thaha No. Porsi 0400084499 Asal Kota Pekanbaru tergabung dalam BTH – 08
– Yeni Artati binti Raja Yoesoef (63 Th) No. Porsi 400084210 Berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi tergabung dalam BTH – 13