Berita utamaPekanbaruSosial&Budaya

Telkomgroup dan IZI Riau Sebar Kurban 1443 H di Pedalaman Kepulauan Meranti

PEKANBARU,Riauandalas.com – Momentum merayakan hari raya Idul Adha 1443 H, Telkomgrup menggandeng Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau untuk berbagi daging Qurban di wilayah pedalaman kabupaten Kepulauan Meranti atau sering disebut 3 T (Terluar, Terdalam, dan Tertinggal) di pedalaman Kepulauan meranti tepatnya di Desa Tenggayun Raya, kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Meranti , Selasa (12/07/22).

Desa Tenggayun Raya merupakan salah satu desa pendalaman di Kabupaten Kepulauan Meranti yang sangat jarang mendapatkan perhatian, terlihat dari infrastruktur jalan yang banyak rusak serta berlobang, dan sulitnya warga untuk bisa mendapatkan sumber air bersih di wilayah tersebut

Perjalanan dimulai dari Kota Pekanbaru pukul 8 pagi menuju pelabuhan tanjung buton selama kurang lebih 4 jam menggunakan kendaraan roda empat, kemudian dilanjutkan menggunakan Speed Boat menuju pelabuhan besar Selat Panjang kurang lebih 1 jam setengah, tidak sampai di situ perjalanan dilanjutkan kembali menggunakan pompon (Perahu Kayu) berkisar 2 jam setengah untuk sampai di pelabuhan bungur, setelah itu di lanjutkan mengunakan sepeda motor unyuk sampai ke Desa Tenggayun Raya. Seharian perjalanan Tim IZI Riau untuk sampai ke Desa tersebut.

 

Keesokan harinya Pemotongan hewan Qurban ini dilaksanakan pada hari kedua dari idul adha di halaman masjid yang dibangun oleh IZI Riau didesa tersebut. Terlihat sangat jelas antusias masyarakat dalam kegiatan kurban ini, dimulai dari Penyembelihan hingga pembagian daging kurban, kebahagiaan terukir didiwajah para penerima daging kurban yang sudah lama tidak merasakan pemotongan hewan Qurban didesa mereka..

Abdul Ghofur selalu kepala Pendayagunaan IZI Riau ikut terjun langsung kelapangan menyaksikan Penyembelihan hewan qurban secara langsung. Beliau menyampaikan alasan memilih desa ini karena belum adanya kurban didesa Tenggayun Raya dan ini merupakan qurban pertama kalinya didesa tersebut. semoga dengan adanya kurban ini memberikan kebahagian dihari Raya Idul Adha bagi warga desa dan sekitarnya. Kita doakan mudah-mudahan Telkom Grup yang menitipkan amanah qurbannya di IZI semoga Allah memberikan pahala atas ibadah qurban dan juga ibadah lainnya.

Ucapan terima kasih dari ustad Tauhid selaku dai IZI i yang membina desa tersebut atas dilaksanakannya Qurban untuk pertama kalinya, sehingga warga dapat menyaksikan serta mengambil hikmah dari ibadah kurban ini.

Sugiyanto selaku Ketua Masjid juga menyampaikan rasa terima kasih dan rasa Syukurnya yang mendalam bisa menyaksikan dan melaksanakan kurban di desanya.

“Alhamdulillah, di hari raya idul adha ini kami bisa Melaksanakan kurban dan menikmati daging kurban Terimaksih untuk Telkomgrup serta IZI, semoga mendapat ridho Allah sehingga berkelanjutan dan tiada henti” ujar Sugiyanto

Kesempatan yang sama, Amran selaku salah seorang penerima daging kurban mengucapkan Ribuan terima kasih kepada para Donatur yang telah berkurban didesa ini dan mendoakan agar ibadah kurban ini diterima oleh allah SWT.

Gotong royong dengan berzakat, infak dan sedekah kita bisa memuliakan keluarga dhuafa dan meringankan beban mereka. Dengan memudahkan dan di mudahkan semoga moment qurban ini dalam meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.(btr)