Berita utama

Ratusan Petani Demo PTPN XII Alasanya Bikin Kaget

Jember, Riau Andalas Com – Ratusan aliansi petani Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, mendatangi kantor PTPN XII kebun Mumbulsari, Rabu (02/02/2022).

Diperkirakan mencapai 400 petani melakukan konvai mereka menuntut pertanggungjawaban  rusaknya  tanaman.

Berdasarkan liputan RADARINDO.co.id Biro Jember, masa yang menggelar aksi demo pihak manajemen PTPN XII kebun Mumbulsari.

Masa dari kelompok tani menuding, oknum suruhan PTPN XII diduga melakukan pembabatan dan pengerusakan tanaman jagung dan pepaya milik petani.

“Kami para petani kebun di rugikan atas pembabatan atau pengerusakan  tanaman jagung dan pepaya milik Petani yang di tanami pada tanggal 27 Januari 2022,” ujar Taufik salah seorang petani yang melakukan memprotes keras.

Masyarakat yang tinggal  dan menggantungkan mata pencariannya  di sekitar kebun mumbul sebagai  penunjang  ekonomi sehari harinya seperti Afdeling Mrawah, Lengkong, Gamberono, Dampar, Talang, dan Gunung Mayang Kecamatan Mumbulsari.

Dengan adanya pelaporan warga atas perusakan tanaman palawija di areal PTPN XII tersebut , yang juga ada tanaman pokok .ternyata tanaman tersebut yang ditanam oleh warga . Pungkas AKBP Hery Purnomo .

Imam Dwi Hartono selaku Manager  PTPN XII Kebun Mumbul  mengatakan  pada prinsipnya perwakilan dari masyarakat tani yang Hadir telah mengakui keabsahan Hak Guna Usaha (HGU) secara legal sudah di tunjukkan dan masih berlaku.

“Poin penting yang menjadi miskomunikasi selama ini bahwasannya masyarakat setempat menganggapnya HGU PTPN XII  Kebun Mumbul Mati”, cetus Imam Dwi Hartono.

Hingga berita ini dilansir,  belum diketahui secara persis apa saja hasil pertemuan manager kebun Mumbulsari dengan para petani yang melakukan aksi demo.(KRO/RD/An)***