Berita utama

Wabup Rohil Dan Kepala Dinas LH Meminimalisir Wilayah Banjir DibaganSiapiApi

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Sejumlah Ruas jalan atau permukiman rumah warga di BaganSiapiApi mengalami banjir akibat derasnya turun hujan berturut turut dibelakangan ini membuat perhatian Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

 

Sebab dari kemaren hingga kini Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir terus melakukan meminimalisir agar Wilayah BaganSiapiApi, Kecamatan Bangko tidak lagi terjadi banjir.

 

Selain meminimalisir Satgas Penanggulangan banjir DLH Rokan Hilir sebanyak 40 orang juga melakukan pembersihan parit parit dan penggalian secara manual disepanjang Jalan Pahlawan serta batu empat.

 

Perlu di ketahui Wakil Bupati Rokan Hilir H Sulaiman Bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir Suwandi S,Sos kembali meminimalisir dan pembersihan disejumlah Wilayah yang terendam banjir, Kamis 30 September 2021.

 

Wakil Bupati Rokan Hilir H Sulaiman mengatakan mengenai banjir yang melanda di Wilayah BaganSiapiApi itu bahwa dirinya sudah melakukan diskusi dengan Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong serta Dinas Terkait.

 

“kita cari kemana aliran air terakhirnya kami lihat ini dari Jalan bulan, dari Jalan Raya dan Jalan bintang airnya mengarah ke sini semua,”katanya Dilokasi, sebagaimana dibawah jembatan bulan itu beberapa pekerja dari Satgas Penanggulangan Banjir DLH menyelam dan membersihkan sampah sampah yang ada.

 

Kata Wakil Bupati di bawah jembatan jalan bulan tersebut lucu lantaran airnya dibawah tinggi.

 

Dia mengaku saat ini pihaknya mencari celah supaya di daerah dekat sungai dibawah jembatan jalan bulan itu bisa keluar.

 

“di bawah memang masyarakat bilang lucu daerah sungai airnya,  kita cari sama-sama lagi kita udah tahu mengantisipasi banjir,”Jelasnya.

 

antisipasi banjir diruas jalan atau dipermukiman rumah warga Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir sudah melakukan mulai bulan Juli Dan Agustus lalu, bahkan parit-parit tidak bersekat juga dibersihkan.

 

“kemudian Kita gali juga daerah-daerah aliran air sungai, kita harus jangan berdiam diri kami pemerintah tetap hadir di masyarakat Bagaimana mengurangi masalah banjir ini,”Imbuhnya.

 

Lebih lanjut dijelaskan Wabup Rohil selain maayarakat dia juga akan mengajak Camat dan masyarakat kelurahan turun ke lapangan bersama sama mengurangi masalah banjir.

 

“kami berharap juga bersama-sama tahun-tahun yang akan datang wajib kita menimalisir jangan terjadi seperti ini lagi,”Pintanya.

 

Ia menambahkan seminggu lagi alat berat datang dari WBS lantaran pihaknya Sudah mengirim surat sebulan lalu meminta Bantuan supaya pihaknya bisa menggali arah-arah sungai yang lebar.

 

“pelabuhan baru tadi kita cek juga air lancar,  tadi itu suruh saya coba cek lagi ke lapangan, kita juga mengucapkan terima kasih pada masyarakat yang juga mengerti keadaan seperti ini. tapi Sekali lagi kami tidak boleh berdiam diri dan kami tetap bekerja dan bagaimana meminimalisir masalah banjir. ini untuk sementara mudah mudahan tahun depan  banjir ini sudah berkurang,”Tegasnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir Suwandi S,Sos mengatakan antisipasi banjir jauh sebelumnya sudah dilakukan pihaknya melakukan penggalian parit parit dan draenase, baik mengunakan alat berat maupun secara manual.

 

“Penggalian parit parit ini 40 orang satgas penanggulangan banjir kita turunkan, tapi jauh sebelumnya sudah kita lakukan, mudah mudahan banjir ini bisa berkurang sebagaimana yang kita harapkan,”Tutupnya.(Said)***