Berita utamaKesehatanPemerintahanRiau

Wagubri Optimis Vaksinasi Riau Segera Capai Target

PEKANBARU, Riauandalas.com- Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution optimis pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Riau segera tercapai.

Hal tersebut disampaikan Wagubri Edy Natar, sesuai animo masyarakat di Riau mengikuti vaksinasi terus meningkat di berbagai daerah di Riau.

“Kita bisa melihat setiap pelaksnaan vaksin yang dilakukan pemerintah, tim Satgas , Forkopinda dan pihak lainya yang selalu ramai diikuti masyarakat. Maka itu kita sangat yakin vaksinasi di Riau segera capai target yang ditetapkan pemerintah sebelumnya,” kata Wagubri usai menghadiri vaksinasi massal bagi pelajar serentak se Indonesia yang di hadiri Presiden RI, Joko widodo secara virtual. Rabu (14/7) di SMPN 13 Pekanbaru.

Wagubri, juga meminta kepada seluruh tim pelaksanaan vaksinasi terus semangat untuk meberikan vaksinasi kepada masyarakat. Karena ini juga merupakan langkah untuk segera mengatasi pandemi COVID-19 di Riau yang bisa dilakukan melalui berbagai program. Termasuk pelaksanaan pada pelajar yang saat ini sedang digesa oleh pemerintah.

“Vaksinasi ini juga bisa dilaksanakan di sekolah maupun secara door to door ke lingkungan masyarakat. Artinya, program ini bisa memastikan masyarakat bisa diberikan vaksinasi secara merata,” ujarnya.

Ia mengaku, saat ini vaksinasi masih terbatas dan mengalami kendala untuk mencukupi kebutuhan. Namun, pemerintah Provinsi Riau telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat yang diharapkan dalam waktu dekat bisa diatasi dan bisa direalisasikan lansung pada masyarakat.

“Yang pastinya vaksinasi ini terus didistribusikan oleh pusat ke daerah, hanya saja saat ini masih diperjalanan yang diharapkan dalam waktu dekat sudah masuk ke Riau. Sehingga kebutuhan masyarakat untuk vaksinasi bisa terpenuhi dengan maksimal ,” jelasnya.

Untuk kendala stok vaksinasi ini, tambahnya tidak hanya terjadi di Riau saja, tapi juga pada daerah lain. “Yang pasti tidak usah ragu karena tim kita terus berkoordinasi dengan pusat,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, pelaksanaan vaksinasi serentak tingkat anak-anak ataur pelajar ini juga merupakan awal dan langkah baik pelaksanaan vaksinasi kedepan. Terutama di Provinsi Riau yang akan terus di gesa kedepan demi mewujudkan kekebalan tubuh terhadap anak dari penularan COVID-19.

Untuk saat ini jelas Mimi, pelaksanaan vaksinasi tingkat pelajar ini baru dilaksanakan di beberapa sekolah, yaitu SMPN 13 Pekanbaru, SMAN 1 Pekanbaru, dan di Perumahan Area Perkantoran Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Riau. Kedepan akan terus programkan diberbagai sekolah.

“Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi bisa datang ke tiga lokasi ini, karena vaksinasi ini akan selama tiga hari yang ditargetkan sebanyak 3.000 orang. Pelaksanaanya juga untuk umum dan anak-anak mukaindarinawal 12 hingga 17 tahun sesuai yang disampaikan pemerintah sebelumnya,” tutur Mimi.(dre)