KesehatanPekanbaruRiau

Gubri Serahkan 100.000 Dosis Vaksin Untuk Pekanbaru dan Dumai

PEKANBARU, Riauandalas.com- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyerahkan sebanyak 100.000 dosis vaksin Sinovac kepada Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan Kota Dumai. Ahad (23/5).

Penyerahan vaksin tersebut sesuai arahan Presiden RI, Jokowi yang sebelumnya menyatakan akan mengirim vaksin lebih banyak untuk Riau. Khususnya untuk Pekanbaru dan kota Dumai.

Tidak hanya vaksin, Gubri juga menyerahkan pulse oxy meter untuk 21 puskesmas yang nantinya akan mendapatkan masing-masing empat pcs dan untuk RS Madani Pekanbaru sebanyak lima pcs. Selaon itu, enam pcs cool box 5,5 liter untuk seluruh puskesmas dan dua pcs cool box 22 liter untuk instalasi farmasi kota. Selanjutnya 50 pack ice gel, dan paket obat.

Dalam sambutanya, Gubri Syamsuar menyampaikan jika vaksin ini untuk menggesa pelaksanaan vaksinasi dalam mencapai target herd immunty atau meningkatkan kekebalam tubuh dari penularan virus. Terutama virus Covid-19.

“Vaksin ini sesuai dengan apa yang telah diberikan oleh Bapak Presiden RI untuk Riau, yaitu 50.000 dosis untuk Pekanbaru dan 50 000 dosis untuk Kota Dumai,” kata Gubri.

Gubri Syamsuar mengharapkan, dengan telah diserahkannya vaksin ini, pelaksanaan vaksin pada dua kabupaten kota ini berjalan dengan lancar. Khususnya dalam waktu saru minggu yang terlah di targetkan sebelumnya.

“Kalau sudah selesai kita minta lagi, ini salah satu upaya kita untuk antisipasi Covid-19. Mudah-mudahan berjalan lancar dan sesuai harapan,” ujarnya

Sementara Walikota Pekanbaru, Firdaus ST MT, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau atas penyerahan bantuan vaksin dan juga bantuan yang berkaitan dengan kebutuhan untuk memerangi dan melayani pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Terima kasih pak Gubernur. Semoga dalam waktu satu minggu ini pelaksanaan berjalan sesuai target,” katanya.

Ia menambahkan, sebagai upaya tindak lanjut bantuan 50.000 dosis vaksin yang telah diserahkan, pihaknya mengungkapkan bahwa telah memulai pelaksanaan vaksinasi pada Sabtu (22/5) kemarin dengan target 5.500 vaksin.

“Lokasi pelaksanaan vaksinasi tetap di RS Madani, Puskesmas rawat inap Rejosari, untuk di Rumbai di perumahan yang ada GOR nya didalam dan berikutnya di Gedung Guru Kota, dan juga dilakukan vaksinasi mobile di UIN Suska Riau,” jelasnya.

Sebagai informasi, penyerahan vaksin tersebut juga dihadiri, hadir Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Dandrem 031/WB Brigjen TNI M Syech Ismed, perwakilan Forkompinda Kota Pekanbaru dan para pejabat publik yang akan melaksanakan vaksinasi di RS Madani Pekanbaru.(dre)