Berita utama

Panen Raya Beras Binaan Kodim 0321 Rohil Ke 3 Kalinya, Di Hadiri Gubri, Danrem 031 WB Dan Kapolda Riau

Rokan Hilir, Riau Andalas Com  Gubernur Riau H. Syamsuar, Danrem 031/Wirabima, Brigjen TNI M. Syech Ismed, SE, M.Han, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH, SIK, M.Si Dan Kepala Bulog Riau-Kepri, Bahtiar Sekar Kunjungan Kerja (Kunker) Ke Penghuluan Rokan Baru Pesisir, Kabupaten Rokan Hilir, Selasa 30 Maret 2021.

Kunjungan Kerja (Kunker) Pejabat Tinggi Di Riau Tersebut Dalam Rangka Panen raya ketiga kalinya dimana Panen Raya  I seluas 40 hektar dengan hasil 180 ton beras, Panen raya II seluas 133 hektar dengan hasil 650 ton beras Dan Panen raya III seluas 350 hektar. yang dilaksanakan pada hari ini Oleh Kodim 0321 Rohil dengan hasil di perkiraan 1500 ton beras dengan jenis, Padi Serang Aceh, Padi KKB, Padi Kalus, Padi Indragiri,  Padi Legawa Dan Padi Ramos.

Dandim 0321 Rohil Kolonel Arh Agung Rakhman Wahyu,S.I.P, MI.Pol mengatakan, Panen Raya itu merupakan Program ketahanan pangan di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir, Teluk Bano 2, Teluk Bano 1 dan Rokan Baru yang saat ini masih terus ditingkatkan sudah berhasil melaksanakan panen raya yang ketiga kalinya.

Menurutnya panen raya itu Pemanfaatan lahan tidur berupa hutan dan rawa yang berhasil dikelolah secara swadaya oleh 12 kelompok tani binaan Distan Kabupaten Rohil dan Kodim 0321/Rohil.

“Hal yang perlu di apresiasi disini adalah peningkatan perluasan lahan yang sangat signifikan dimana dikelolah tanpa bakar dan secara manual serta padi yang ditanam tanpa pupuk kimia,”Jelasnya.

Selain itu Kata Dandim Agung peningkatan sarana dan prasarana pertanian yang sudah berhasil dikerjakan oleh pihaknya dengan Karya bakti pada akhir tahun 2020 lalu sangat membantu petani dalam pengembangan pertanian, antara lain, Pengerasan jalan dan semenisasi, pembuatan jembatan penghubung, pembuatan jalan sawah Dan pembuatan embung dan saluran irigasi.

“Bahkan hari ini kita juga akan meresmikan kilang padi yang akan menjadi solusi dalam pemasaran hasil panen kedepan,”Terang Dandim 0321 Rohil.

Dia juga menjelaskan, Keberhasilan pertanian sampai hari ini telah berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di desa Rokan Baru Pesisir dimana pada tahun 2019 lalu masih status Desa Sangat Tertinggal, namun sekarang sudah meningkat menjadi Desa Berkembang. Bahkan tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat desa ini akan menjadi desa maju.

“Peran TNI dalam ketahanan pangan merupakan wujud kemanunggalan TNI dan rakyat dalam upaya membantu pemerintah daerah peningkatan perekonomian  wilayah yang akan mendukung peningkatan perekonomian nasional,”Tutup Dandim 0321 Rohil.

Kesempatan yang sama Sambutan Bupati Rokan Hilir H Suyatno Amp”Tadi kita sudah dengarkan laporan dari seorang datuk penghulu terkait lahan yang berada didepan kita kurang lebih seluas 500 Ha yang sebagian merupakan tanah timbul dan dimanfaatkan oleh masyarakat,”katanya.

Kata Bupati luas panen padi yang akan di laksanakan hari ini yaitu seluas 186 Ha, dimana Dulu pihaknya sudah pernah melaksanakan panen perdana seluas 350 Ha.

“Ini merupakan satu-satunya harapan masyarakat Rohil untuk menjadi salah satu lumbung padi yang berada di Kabupaten Rohil,”Cutesnya.

Lebih lanjut Dijelaskannya, Waktu masih bergabung dengan Kabupaten Bengkalis, Rohil menjadi salah satu lumbung padi di wilayah Kabupaten Bengkalis.

“Saya minta mulai dari Camat dan Datuk Penghulu yang mengelola daerah ini untuk tidak menjual lahan ini namun pergunakan dengan sebaik-baiknya,”Pesannya.

Dia menambahkan, Hari ini Gubernur bersama rombongan tidak hanya sekedar memanen padi, namun memberikan sumbangan keuangan untuk pembangunan kilang padi milik BUMDes yang tadi telah diresmikan oleh bapak Gubri. Selain itu Juga jembatan Pekaitan yang sudah siap dibangun yang merupakan bantuan Bapak Gubri.

“Terakhir yang menjadi harapan masyarakat Rohil yaitu jalan lintas pesisir yang merupakan satu-satunya urat nadi masyarakat Rohil untuk melakukan kegiatan-kegiatan terutama sekali mengangkut hasil alam,”Tutup Bupati Rohil.

Sementara itu, Sambutan Danrem 031/Wirabima , Selaku Komandan Korem 031/Wirabima mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur Dan menyambut Gembira Kegiatan Panen Raya di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir.

“karena ini merupakan panen raya yang ketiga dimana sebelumnya telah dilaksanakan panen raya pertama seluas 40 Ha dengan hasil 180 ton beras,dan penen,”Pungkasnya.

Adapun yang Hadir dalam acara panen raya beras itu,  Gubernur Riau, H. Syamsuar,  Danrem 031/Wirabima, Brigjen TNI M. Syech Ismed, SE, M.Han, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH, SIK, M.Si Dan Kepala Bulog Riau-Kepri, Bahtiar Sekar.

Selain itu Bupati Rohil, H. Suyatno, Dandim 0321/Rohil Letkol Agung Rakhman Wahyudi,SIP, MI.Pol, Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismanto,SIK,SH, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Wakil Ketua DPRD Rohil, Hamzah,S.Hi,M.M, Ka Kejari Rohil, Yuliarni Appy,SH,MH, Danpom AL Dumai Mayor Laut Anton Sugiharto, Sekda Rohil HM. Job Kurniawan M.Si.

Para Asissten Pejabat Admisitrator dan Pengawas di lingkungan Pemkab Rohil,  Kepala BPN Rohil, Rocky Wibowo, Para Danramil dan Pasi Dim 0321/Rohil Serta Upika Kecamatan Pekaitan.(Said)***