Hukum&KriminalRohul

5 Hari Menghilang, Jasad Bocah 5 Tahun Ditemukan Tim Gabungan 1,5 Km Dari Lokasi Tengelam 

ROKAN HULU, Riauandalas.com- Jasad bocah tengelam Azka (6), berhasil ditemukan tim gabungan Polsek Rambah, Tim Basarnas Pekanbaru dan BPBD Rohul, Kamis (3/9/2020) sekitar pukul 07.30 WIB, setelah hanyut lima hari di aliran sungai Batang Lubuh.

Keterangan Kapolres Rohul AKB
Taufik Lukman Nurhidayat, melalui Kapolsek Rambah Iptu P.Simatupang,  jasad Azka sitemukan di aliran air tenang diiperkirakan 1,5 km lewat jembatan Batang Lubuh II kawasan Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah tempat masyarakt mandi. Jasad bocah ditemukan sudah dalam kondisi kulit memutih dan bagian tubuh mengembung karena selama lima hari terendam di air sungai, namun badannya masih utuh.

“Setelah kita evakuasi, jasad Azka kita antar ke rumah orang tuanya, di Jalan Budi Luhur Pasir Putuh Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah, sesuai permintaan orang tua agar segera dikebumikan karena kondisi jenazah yang sudah mengembung,” kata Kapolsek P. Simatupang, didampingi Kanit Reskrim Polsek Rambah Bripka Arif Rahman.SH

Selama lima hari, mulai Minggu (30/8/2020) sore, Personel Polsek Rambah Polres Rohul dibantu 10 personel BPBD Rohul dan tim Basarnas Riau, terus menyisir kawasan Sungai Batang Lubuh untuk mencari jenazah bocah hanyut, Azka (6).

Sebelum tengelam dan ditemukan meninggal dunia, Azka awalnya bermain dengan dua rekannya di sungai Batang Lubuh Minggu (30/8/2020) sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu Azka dan seorang rekannya M.Rifki (8) mandi, sedangkan seorang rekannya Wais Sulthani (6) hanya melihat keduanya mandi di Sungai Batang Lubuh kawasan Dusun Kota Baru Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah.

Namun naas, M.Rifki dan Azka tengelam terseret arus sungai. Jasad M.Rufki ditemukan sore harinya sudah terapung oleh seorang warga yang memancing, Aris (32), dengan kondusi bocah sudah tak bernyawa terapung di Sungai Batang Lubuh.

Namun jasad Azka tak ditemukan, kemudian Kapolsek Rambah Iptu P.Simatupang bersaam BPBD Rohul dan Tim Basarnas Pekanbaru melakukan pencarian, dengan cara menyisir sungai Batang Lubuh hingga ke hilir sungai.

Dengan perahu karet milik Basarnas ditambah boat BPBD Rohul termasuk jet sky milik anggota DPRD Rohul Budiman, dikerahkan guna membantu tim gabungan menyisir sungai batang lubuh untuk menemukan jasad Azka.

“Jasad bocah Azka sudah kita serahkan ke orang tuanya untuk segera dimakamkan, dan tim Basarnas Pekanbaru diperkirakan Kamis siang ini sudah kembali ke Pekanbaru, termasuk BPBD Rohul. Kita berterima kasih, kepada Basarnas Pekanbaru dan BPBD termasuk personel Polri yang sudah bekerja keras ikut mencari jasad Azka. Termasuk masyarakat yang sudah terlibat membantu kami,” kata Kapolsek P.Simatupang.***(Alfian Tob)