LingkunganRohil

Program Cetak Sawah Seluas 500 Ha Di Serusa Rohil, Sedang Tahap Pekerjaan.

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Program Cetak Sawah seluas lima (500) hektar kini tengah tahap pelaksanaan pekerjaan diareal Kepenghuluan Serusa, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir.

 

Hal tersebut dibenarkan oleh Penghulu Serusa, Jumino ketika wartawan menjumpainya disalah satu warung warga yang tidak jauh dari Kantor Penghulu Serusa.

 

Dia menyebutkan, program cetak sawah tersebut seluas lima (500) ratus hektar dan saat ini sedang dibangun tanggul untuk membentengi sawah agar tidak terendam.

 

Katanya lagi, lahan masyarakat yang tinggal selama 2 atau 3 tahunan dimasukan ke program pencetakan sawah.

 

“program pencetakan sawah ini berjalan dengan baik, dan anggarannya lebih kurang 2 miliar,”Tutupnya Jum’at 17 Juli 2020. Sejauh itu wartawan belum sempat mempertanyakan untuk tenaga kerja program cetak sawah itu apa kah dari masyarakat Tempatan atau pekerja dari luar.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Rokan Hilir, H Rusli Syarief mengatakan itu bukan pecetakan sawah tapi pengairan untuk 300 ha dengan dana pusat pengerjaannya swaklolah.

 

“Itu yang tau ketua gopoktannya pptknya orang propinsi, Kita hanya pngawasannya aja,”bebernya Sabtu 18 Juli 2020, melalui Via WhatsAp.

 

Terakhir soal ditanya luas lahan program Pencetakan Sawah di Kepenghuluan Serusa itu sebanyak lima (500) Hektar, Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Rokan Hilir H Rusli Syarif juga merespons. “Ya mungkinlah sebab program propinsi dana pusat,”Ujarnya.(Said)***