NasionalPemerintahanRiauSosial&Budaya

BST Mensos, Riau Dapat Jatah Untuk 250 Ribu KK

PEKANBARU, Riauandalas.com- Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI, salurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia. Termasuk Provinsi Riau yang akan dibagi untuk 12 Kabupaten kota yang ada di Riau.

Bantuan tersebut akan disalurkan melalui masing-masing pemerintahan daerah setelah pemerintah daerah mengajukan data penerima kepada pemerintah pusat.

Informasi tersebut disampaikan, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Riau H Darius Husein, usai melakukan video conference dengan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara, Rabu (15/4) sore lalu di Posko penanganan Covid-19 Riau. Dikatakannya jika bantuan BST tersebut akan dibagi pada 12 kabupaten kota se Riau.

“Bantuan itu disampaikan lansung oleh bapak Mensos Juliari P Batubara, jika Riau mendapatan kuota sebanyak 250 ribu KK. Itu untuk 12 kabupaten/kota,” katanya.

Besaran bantuan tersebut katanya, berjumlah sebesar Rp600 ribu per KK untuk selama tiga bulan. Sedangkan persyaratan penerima merupakan warga yang memiliki kartu keluarga dan Nomor induk kependudukan (NIK/KTP) sesuai wilayah yang ada di Riau. Pendataan penerima BST itu diserahkan sepenuhnya kepada pihak pemerintah kabupaten/kota.

“Apakah calon penerima itu masuk dalam daftar data terpadu penerima jaringan sosial atau tidak, itu diserahkan sepenuhnya kepada kabupaten/kota. Dengan catatan by name by adress dan NIK atau KTP,” jelasnya.

Yang pasti tambahnya, ia berharap pemerintah kabupaten/kota bisa secepatnya melakukan pendataan dan menyerahkan ke Pemprov Riau. Sehingga bantuan tersebut juga bisa segera dicairkan dan salurkan kepada masyarakat penerima.

“Jika datanya cepat kita juga bisa segera melanjutkan ke pusat. Karena sesuai perencanaan, akhir April BST tersebut akan dicairkan,” tuturnya.(dre)