KesehatanRiau

Pasien Positif Nambah, Jubir Covid-19 Riau Sebut Pusat Salah Sebut

 

PEKANBARU, Riauandalas.com- Juru Bicara Covid-19 Kemenkes RI Achmad Yurianto, melalui ekspos, Kamis (19/3) pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Riau bertambah satu orang. Sehingga jumlah pasien positif Corona di Riau berjumlah menjadi 2 orang.

Hanya saja penambahan tersebut dibantah oleh Jubir Covid-19 Riu, dr Indra Yopi, mengatakan jika apa yang disampaikan Jubir Achmad Yurianto salah sebut, dan bukan di Riau tapi kepulauan Riau. Pasalnya sampai saat ini pihaknya belum ada menerima konfirmasi dari Kemenkes RI seperti pasien sebelumnya.

“Kayaknya slip of the tounge (salah penyebutan) mungkin yang dimaksud Kepulauan Riau (Kepri),” kata dr Indra Yopi kepada wartawan Kamis (19/3) di Pekanbaru.

Sesuai standar penanganan sebelumnya, ia mengatakan untuk informasi ini tim medis akan lansung dikonfirmasi jika ada pasien yang dinyatakan positif atau negatif. Sementara hal tersebut belum ada diterima tim medis di Riau. Maka itu ia belum bisa membenarkan informasi dimaksud.

“Kami belum menerima konfirmasi hasil apapun yang menyatakan Riau ada tambahan pasien positif. Maka itu belum bisa dibenarkan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, jika ada pasien di Riau yang positif pusat akan memberikan informasi sebelum melakukan kompresi pers atau ekspos. Seperti pada pasien sebelumnya yang dberitahukan melalui email dan surat resmi dari pusat terkait hasil uji swap pasien terkait.

“Untuk pasien sebelumnya, mereka mengirimkan email dan surat resmi dua jam sebelum adanya konferensi pers resmi dari Jubir Covid-19 Nasional. Sementara sekarang tidak ada,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, dam sesuai yang disampaikan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir,.Pasien suspect Corona sampai hari ini totalnya ada 28 orang, 10 orang sudah pulang. Kemudian sisanya 18 orang dirawat tersebar di beberapa rumah sakit Riau

Adapun 18 pasien tersebut, 3 orang di RSUD Bengkalis, 4 orang di RSUD Arifin Achmad, 2 orang di RS Awal Bros Sudirman Pekanbaru, 1 orang di RS Ibnu Sina, 3 orang di RS Eka Hospital, 3 orang di RS Awal Bros, dan 1 orang di RSUD Dumai.

Dari 18 pasien itu, satu pasien yang positif Corona di RSUD Arifin Achmad. Saat ini kondisinya stabil, mulai membaik seperti biasanya.(dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *