Hukum&KriminalRiauRohulSosial&Budaya

Tabligh Akbar Ustazd Abdul Somad Di Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian ‎Berlangsung Khidmad.

ROKAN HULU,Riauandalas.com -‎ Tabligh Akbar menghadirkan Ustadz Abdul Somad LC, MA alias UAS (UAS), Senin (17/12/2018) siang di Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian, diramaikan ribuan umat muslim. Bahkan karena ramainya pengunjung, pihak Lapas terapkan pola pengamanan ketat dibantu personel Polri dan TNI.

Tabligh Akbar bersama Ustazd Abdul Somad bertema “Muhasabah Diri Menuju Pribadi yang Beriman Bertaqwa Humanis dan Religius” di Lapas Kelas IIB Pasir Pangaraian, dihadiri Kakanwil Hukum dan HAM Riau Muhammad Diah, para pejabat Divisi Pemasyarakatan, Kepala Lapas Kelas IIB Pasir Pangaraian M.Lukman.Tampak hadir dalam acara itu Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Ketua PN Pasir Pangaraian Sarudi dan rombongan, mantan Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si, serta Keluarga Besas Lapas Kelas II B Pasir Pangaran, dan warga binaan Lapas Klas II B Pasir Pangaraian.

Dalam ceramahnya, UAS‎ menekankan bahwa musik dan Narkoba tidak akan pernah bisa menenangkan diri umat. Namun, dengan berwudhu, shalat, zikir, dan berdoa merupakan langkah tepat untuk menenangkan diri.

Usai kegiatan. Kakanwil Hukum dan HAM Riau, Muhammad Diah mengatakan, kegiatan Tabligh Akbar di Lapas Kelas IIB Pasir Pangaraian merupakan bagian dari pembinaan rohani kepada tahanan dan narapidana. Pembinaan rohani juga dilakukan di Lapas dan Rutan lain yang ada di Provinsi Riau, sebagai upaya menanamkan keagamaan kepada para tahanan dan narapidana yang tengah menjalani hukuman.

Dirinya secara tegas mengapresiasi, atas langkah yang dilakukan Kalapas Kelas II B Pasir Pangaraian M. Lukman, yang sudah mendatangkan UAS di acara tabligh akbar. Apalagi itu merupakan kunjungan kedua UAS‎ di Lapas, setelah sebelumnya mengisi acara di Lapas Kelas IIA Bengkalis.

M. Diah bersyukur, karena UAS masih menyempatkan diri bisa menghadiri tabligh akbar yang digelar pihak Lapas Kelas IIB Pasirpangaraian, dalam rangka memberikan pembinaan rohani ke warga binaan.

“Ini merupakan bagian program‎ kita di Lapas dan Rutan di Indonesia, khususnya di Provinsi Riau. Seperti yang dilakukan di Lapas Pasir Pangaraian,” tegas Kakanwil Hukum dan HAM Riau, didampingi Kepala Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian M. Lukman.

Dirinya mengungkapkan, dari sekitar 802 warga binaan Lapas Pasir Pangaraian, sekitar‎ 700 tahanan dan narapidana dihadirkan untuk menyaksikan langsung tausiyah UAS di halaman Lapas.

KPLP Lapas Kelas IIB Pasir Pangaraian, Parlin H.S mengatakan, untuk pengamanan kunjungan UAS, pihaknya menempatkan 70 personel Lapas, dibantu personel Polisi dan TNI. Kemudian, para petugas gabungan, sambung Parlin, ditempatkan di titik-titik yang memungkinkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.”Informasi dan intelijen tetap berjalan. Alhamdulillah hingga acara selesai semua berjalan lancar,” kata Parlin.

* (Alfian Tob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *