Berita utamaRiauRohulSosial&Budaya

Pemerintah Bertanggungjawab Kembalikan Masyarakat ke Masjid

ROHUL,Riauandalas.com- Pemerintah bertanggungjawab mengembalikan dan mengarahkan masyarakat sholat berjamaah di Masjid.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution saat meberikan sambutan pada kegiatan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah (BSSB) Provinsi Riau Ke-92, di Masjid Raya Darus Salam Desa Tj Belit, Kecamatan Rambah, Kabupaten Pasir Pengaraian Rokan Hulu (Rohul). Ahad (25/12).

Kegiatan yang dihadiri ratusan jemaah serta Camat Rambah, kepala desa dari beberapa desa di Rohul, Ketua GSSB Rohul DR Yuli Hesman Sag MPd, Ketua GSSB Riau, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kepala Biro Kesra Riau tersebut jelas Wagubri, mengingat musibah COVID-19 sebelumnya yang membatasi masyarakat sholat berjamaah di masjid demi keselamatan kesehatan masyarakat dari ancaman terpapar COVID-19.

Artinya, ketika wabah dan musibah itu mulai redah maka pemerintah kembali bertanggung jawab untuk mengajak masyarakat kembali melaksanakan sholat berjamaah di masjid.

“Kegiatan GSSB ini merupakan program pemerintah Riau yang terus saya gerakan sebagai mewakili pemerintah untuk mengembalikan masyaralat ke Masjid sholat berjamaah,” katanya.

Mantan Danrem 031 Wira Bima ini mengaku, sangat terharu dan merasa bangga melihat antusias masyarakat Kecamatan Rambah Kabupaten Rohul mengikuti gerakan sholat subuh tersebut. Dimana ia mengatakan, jika antusias masyarakat ini juga merupakan tanda kesuksesan masyarakat yang terus berdakwah mengajak dan menggerakan sholat subuh berjamaah ke Masjid.

“Saya sangat bangga dan sangat mengapresiasi kehadiran masyarakat ini. Saya berharap ini terus berkembang sebagai kegiatan dakwah dalam membesarkan agama dan ibadah bagi masyarakat kedepan,” katanya.

Wagubri juga mengatakan, antusias masyarakat ini kembali mengingatkan ia saat awal pembukaan atau pengembangan GSSB sebelumnya. Dimana kegiatan ini tujuanya tidak lain sebagai bentuk dakwah membesarkan agama dan meramaikan masjid untuk beribadah berjamaah.

“Tanpa terasa kegiatan GSSB ini merupakan kegiatan yang ke 92. Artinya, sudah 92 masjid yang kita kunjungi untuk mengembangkan kegiatan. Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan baik dan terus berkembang dilingkungan Masyarakat di berbagai daerah.

Sekali lagi saya mendoakan, semoga masyarakat selalu diberikan keberkahan, kesehatan dan bisa selalu melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Terutama untuk terus berdakwah mengajak masyarakat sholat berjamaah di masjid yang tidak hanya sholat subuh tapi sholat lima waktu,” kata mantan Danrem 031 Wira Bima ini.

Sementara, Ketua GSSB Rohul DR Yuli Hesman Sag MPd menyampaikan, hingga kini ia bersama masyarakat terus bersyukur kepada Allah SWT masih diberikan kesehatan dan bisa selalu melaksanakan sholat subuh berjamaah setiap hari termasuk program gerakan sholat subuh berjamaah Ke-93 saat ini.

“GSSB ini tidak lagi merupakan hal baru bagi masyarakat Rohul, khususnya Kecamatan Rambah. Tapi sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat dalam beribadah sesuai ajaran agama,” katanya.

Semenjak digagasnya GSSB ini jelasnya, ia terus mengembangkan dan mengajak masyarakat untuk terus melaksanakan dengan baik. Karena GSSB ini juga merupakan kegiatan dakwah sesuai yang disampaikan Wakil Gubernur Riau yang juga sebagai kegiatan jihad dalam membesarkan agama dan meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

“Sampai saat ini, untuk GSSB di lingkungan masyarakat terus mengalami peningkatan. Ini terlihat setiap minggu yang ada penambahan jemaah cukup bagus.

Artinya, jihad dan dakwah yang dilaksanakan masyarakat untuk sholat subuh berjamaah ini berjalan baik, yang diharapkan terus berkembang sampai ke anak cucu demi menyelamatkan agama dimasa akan datang,” tuturnya.(dre)