RohilSosial&Budaya

Untuk Keamanan dan Kenyamanan Desa Binaanya Babinsa Koramil Bangko Bantu Pengamanan Tradisi Sembahyang Kuburan Suku Tiong Hoa

BAGANSIAPIAPI, Riauandalas.com– adalah sebuah kota tua yang kaya akan keberagaman adat dan tradisinya. karena Bagansiapiapi terdiri dari beberapa suku dan adat. Suku yang sarat akan tradisinya adalah suku Tionghoa yang berada di wilayah Bagansiapiapi yang merupakan wilayah dari Koramil 01/Bangko.

Salah satu tradisi yang sampai saat ini masih sangat dihormati oleh suku Tionghoa adalah tradisi sembayang Kuburan atau dalam bahasa Cina nya adalah Cen Beng. Cen Beng adalah kegiatan yang sangat Sakral dimana seluruh keluarga yang di perantauan kembali ke tanah kelahiran mereka untuk menghormati Arwah leluhur mereka yang sudah meninggal. Anak cucu yang berada di luar negripun akan kembali untuk melaksanakan tradisi ini.

Sembayang kuburan atau Cen Beng ini dilaksanakan 40 hari setelah tahun baru Imlek dalam penanggalan Cina. Kegiatan ini akan berlangsung selama beberapa hari saja. Setelah itu mereka akan kembali kedaerah domisili mereka untuk melaksanakan aktifitas mereka sehari – hari.

Seperti yang di lakukan oleh Kopda Kholik Daulay Babinsa Koramil 01/Bangko di desa binaanya yaitu Kel. Bagan Barat tepatnya Jl Pelabuhan baru Kelurahan Bagan Barat Kec. Bangko yang merupakan salah satu wilayah Pekuburan Cina  yang sangat luas, lebih kurang 10 Ha. Demi keamanan dan kenyamanan masyarakatnya, babinsa melaksanakan kegiatan membantu pengamanan warga suku Tiong Hoa yang melaksanakan Sembayang kuburan ( Cen Beng ) ini.

Sampai hari ke tiga ini lokasi Kuburan masih sangat ramai di kunjungi oleh warag keturunan melaksanakan Cen Beng. Selain Jl Pelabuhan Baru ini masih ada satu wilayah lagi yaitu Jl Pusara Desa bagan Jawa Kec Bangko yang merupakan lokasi pekuburan suku Tiong Hoa ini.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *