Rohul

Babinsa Koramil 02 Rambah Lakukan Pendistribusian Benih Jagung

ROKAN HULU, Riauandalas.com- Peran Tentara Nasional Indonesia (TNI) semakin nyata dalam mensukseskan kegiatan pertanian.

 

Seperti yang dilakukan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR, Serka Darmansyah, Serka Yendri, Kopda Mashuda, Serda Sarbaini Lubis dan Sertu SB. Pandiangan, turut mengawal Pendistribusian benih jagung yang ada di Desa binaannya.

 

Adapun Pendistribusian benih Jagung Hibrida Bisi menggunakan APBN pusat yang telah di pantau Babinsa Koramil 02 Rambah yang diberikan ke Petani untuk sementara sesuai laporan Babinsa, seperti di Kecamatan Rambah, Desa Pematang Berangan, Desa Menaming, Desa Rambah Tengah Utara, dan Desa Sialang Jaya.

 

Sementara itu, Kecamatan Rambah Hilir ada di Desa Serombou Indah dan untuk Kecamatan Rambah Samo berada di Desa Rambah Tengah Hulu Kabupaten Rokan Hulu.

 

Dapat diketahui, keseharian tugas Babinsa jajaran Kodim 0313/KPR memberikan motivasi serta semangat guna membantu petani dalam menyukseskan Ketahanan Pangan (Hanpangan) di Desa binannya yang ada didaerah teritorial Koramil 02 Rambah.

 

“Penyaluran benih jagung Hibrida Varitas Bisi 228, merupakan bantuan dari pemerintah dan langsung didistribusikan kepada petani. Dan dalam pembagian ke petani, langsung di pantau dilapangan bersama Babinsa, PPL serta dinas terkait”, jelas Danramil 02 Rambah Kapten Inf Syahril melalui Penerangan Humas Koramil 02 Rambah Koptu Dedy Nofery. Samosir, Kamis (12/04/2018).

 

”Hal ini sebagai upaya untuk memberikan kepastian dan meyakinkan kepada petani, bahwa bantuan benih jagung dapat meringankan beban petani. Harapan kita kedepan, supaya tidak ada oknum yang menyala gunakan,” ujarnya.

 

Kegiatan pertanian yang sudah berjalan dari beberapa tahun, TNI bersama Pemerintah melakukan upaya, kesepakatan dalam penandatanganan perjanjian MOU untuk mewujudkan Swasemada Pangan dalam membantu petani.

 

Dengan menghindari lonjakan harga yang dapat melumpuhkan ekonomi masyarakat, sehingga TNI dan Pemerintah melakukan upaya terjun langsung dengan pengawasan serta pendampingan kepada Kelompok tani (Poktan) melalui Babinsa serta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam melakukan penyuluhan, membantu pendistribusian bibit, pupuk dan pestisida.

 

”Kegiatan ini, memang merupakan suatu wujud peran serta Babinsa, PPL serta dinas terkait dalam bertugas. Hal tersebut, guna mendukung dan mensukseskan program Pemerintah membantu ekonomi masyarakat khususnya para petani”, bebernya.

Ia menjelaskan (Penerangan Humas Koramil 02 Rambah Koptu Dedy Nofery. Samosir), TNI selalu bersinergi dengan petani untuk mencapai swasembada pangan.

 

“TNI selalu mendorong petani untuk improvisasi dan berinovasi didalam mengikuti perkembangan teknologi pertanian dimasa kini. Hal ini, kiranya dapat memberikan manfaat yang positif bagi petani didalam mencapai kesejahteraan,” tutup Koptu Dedy Nofery. Samosir.***(AlfianTob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *